SMKN 15 Bandung Menempati Bangunan Zaman Belanda

SMKN 15 Bandung adalah sekolah yang menempati gedung buatan Belanda yang dibangun pada 1919. Saat itu Indo Europee Verbond (IEV) membangun untuk Kweek School Voor Onderwinzer dengan Bouwsubside di Jalan Papandayan (sekarang Jalan Gatot Subroto).

Lokasi SMKN 15 Badung berada tak jauh dari persimpangan lima Bandung. Di dekat sekolah itu pun ada tugu tank baja yang merupakan icon Kota Bandung sejak dulu. Di belakang sekolah ini berdiri sekolah swasta, yakni SMA Badan Perguruan Indonesia (BPI).

Arsitek bangunan SMKN 15 Bandung adalah Frans Johan Lowrens Ghijsels. Dia adalah ahli tata kota Belanda yang memiliki gaya khas. Gaya aristektur dia yang diterapkan di sekolah ini adalah membangun pilar-pilar sederhana yang digabungkan pada dinding bangunan putih. Bagian ini terlihat pada bagian depan gedung yang menghubungkan bagian aula, ruang perpustakaan dan tata usaha sekolah.

smkn 15 bandung
SMKN 15 Bandung merenovasi bagian depan bangunan tersebut. Foto diambil pada Kamis (26/1/2017). | Foto serbabandung.com

Sebagian besar bagian fisik gedung masih terlihat asli seperti lantai, plafon dan genting. Hanya bagian pintu ruangan sebagian sudah diganti. Sekolah ini merenovasi aula pada 1997. Pernah juga dilakukan pengecatan dinding dan perbaikan-perbaikan plafon ruangan.

Pada 2013 sekolah ini membangun gedung dua lantai dengan merenovasi sekira tiga ruangan asli. Kini dari 12 ruangan yang masih asli tersisa tinggal 9 ruangan. Ruangan tersebut kini sebagain besar dipakai menjadi ruang kelas.

Pada 15 Februari 1952, Kweek School Voor Onderwinzer Berubah nama menjadi Indoeenheidts Verbond atau Gabungan Indo Unit Kesatuan Indonesia (GIKI). Sekira setahun kemudian, pada 1 Mei 1953 bangunan GIKI menjadi SGA Negeri II Bandung

SGA Negeri II Bandung menjadi SPG Negeri I Bandung pada tanggal 22 April 1978. Berdasarkan SK Kakanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat No. 114 b/I02/Kep/R83, maka mulai tanggal 1 September 1983, SPG Negeri I Bandung digunakan untuk SGO Negeri Bandung.

Sekolah ini kembali berubah nama menjadi Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial (SMPS) Negeri Bandung berdasarkan SK Mendikbud Nomor : 0342/u/1989 tanggal 5 Juni 1989 dan SK Mendikbud Nomor : 0426/o/1991 tanggal 15 Juli 1991

SMKN 15 Bandung Ditetapkan Pada 1997

Baru pada 1997, sesuai SK Mendikbud Nomor : 036/0/1997, SMPS Negeri Bandung berubah nama menjadi SMK Negeri 15 Bandung Kelompok Kesejahteraan Masyarakat Bidang Keahlian dan Program Keahlian Pekerjaan Sosial.

Pada 2006, SMK 15 menambah satu Bidang Keahlian Pariwisata, Program Keahlian akomodasi Perhotelan. Saat ini SMK Negeri 15 Bandung memiliki dua bidang dan program Keahlian yaitu Bidang Keahlian Pekerjaan Sosial dan Pariwisata, Program Keahlian Pekerjaan Sosial dan Akomodasi Perhotelan.

Pada awal 2017, bangunan itu kembali direnovasi. Tiga deret bangunan di bagian depan dibangun ruang kelas baru di atas bangunan lama.  *

Sumber:

– id.wikipedia.org/wiki/SMK_Negeri_15_Bandung
info.pikiran-rakyat.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.