Masakan Cina di Restoran Pilihan dan Lezat di Bandung

RESTORAN yang khusus menyajikan masakan  Cina di Bandung sudah ada  sejak dulu. Menunya bermacam-macam ada yang kelas  kaki lima di Jalan Cibadak, kedai kelas menengah seperti Toko Osin di Jalan Babatan, hingga kelas restoran yang tersebar di pusat kota seperti Jalan Sudirman dan Dalem Kaum.

Tengok saja malam hari di Jalan Cibadak. Berbagai macam tenda yang menjual khas makanan khas Cina menjamur. Mulai dari yang menawarkan makanan berat hingga minuman segar. Apalagi di sana sekarang ada Kuliner Sudirman Street tempat berjualan segala macam kuliner. Di sini tersedia berbagai macam makanan berbahan babi, mulai dari sate hingga martabak.

masakan  cina
Bapao. | FOTO
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bakpao

Bergeser ke Jalan Klenteng, di sini ada  restoran bebek. Namanya bebek klenteng. Di sini tersedia nasi goreng bebek spesial, nasi hainam bebek panggang, dan ekstra bebek panggang. Restorannya tidak terlalu besar. Posisinya persis di belokan Jalan Sudirman ke Jalan Klenteng. Di jalan ini juga terdapat tenda-tenda masakan Cina.

Di Jalan Babatan ada Toko Osin. Toko ini menjual menu sarapan khas Tiongkok seperti cakue, bapia,kompia, kompia isi, bubur ayam, bubur kacang, pangsit kuah, kue tambang, dan kue cinsoko 1/4 kg. Bukanya hanya pagi hari. Tempat ini salah satu penjual kuliner yang melegenda di Kota Bandung.  Toko yang tepatnya berada di Jalan Babatan 64a ini sudah terkenal sejak  1920. Dulu toko ini bernama Lie Tjay Tat.

Kalau di Jalan Sudirman ada Restoran Phoenix. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman 58, Bandung. Restoran ini buka  setiap hari dari pukul 10.00 hingga 14.00 dan  pukul 16.30 hingga jam 21.00. Menu favoritnya adalah  Gurame Goreng Saus Asam Manis  yang dilengkapi dengan irisan tipis jahe, daun bawang, dan cabai merah.

Nah kalau yang ini restoran yang sudah lama berdiri. Namanya Restoran Hong Sin. Restoran di Jalan  Banceuy No. 110 ini  berdiri sekitar tahun 1958. Pengunjung restoran ini kebanyakan adalah keluarga. Menu jagoan di  restoran yang buka setiap hari pukul 10.00 – 14.00 dan  pukul 17.00 – 20.30 ini adalah  Ifu Mie Goreng Spesial  dan Bakpau Spesial. Pada malam hari beda lagi, pengunjung menikmati aneka bubur yang lezat.

Restoran Queen di Jalan Dalem Kaum  No. 79 usianya lebih tua lagi yakni berdiri pada 1954. Restoran ini  juga ikut menyemarakkan Konferensi Asia Afrika pada 1955. Para tamu konferensi terbesar di Asia Afrika itu mendapat jamuan di restoran ini.  Menu favoritnya  satu di antaranya  adalah Ayam Goreng Mentega. Porsinya cukup besar.

Masakan Cina di Imperial

Di Jalan Braga No.129 ada Restoran Imperial. Restoran ini pun khusus menyajikan menu Tionghoa seperti dim sum,   irisan ubur-ubur, ayam rebus, babi panggang, cumi goreng tepung, sup asparagus telur kepiting, angsio pauhie mutiara kombinasi sayur dan jamur hitam, udang windu goreng mentega, kulit bebek ala peking, sate shangai, bapao, ikan gurame tim, dan menu lainnya. *

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.