Rancabali Ciwidey, Pesona Perkebunan Teh di Bandung Selatan

MENIKMATI perkebunan teh pastinya mengasyikkan. Di Bandung ada beberapa tempat yang menawarkan wisata alam tersebut. Perkebunan teh Rancabali Ciwidey di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung adalah satu di antaranya. Perkebunan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII ini berada di ketinggian 1.628 di atas permukaan laut. Suhu di kawasan ini sekitar 20° celsius.

Hamparan teh yang hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong. Menelusuri kebun ini di jalan setapak merupakan sensasi tersendiri bagi penikmat wisata alam. Bila kebetulan pelancong bisa melihat langsung para pemetik teh yang memilih teh pilihan untuk kemudian diolah.

Perkebunan teh di Rancabali Ciwidey ini merupakan tempat favorit untuk berfoto berlatar belakang hamparan hijau tanaman teh. Pose favorit yang berfoto di sini adalah beridi di tengah-tengah tanaman teh yang difoto di tempat yang lebih tinggi.

Pesona Rancabali Ciwidey tak hanya perkebunan teh. Di sana pun terdapat sebuah situ (danau) yang terkenal, yakni Situ Patengan atau Patenggang. Situ ini menawarkan pemandangan indah. Untuk menikmatinya pengunjung bisa menggunakan perahu yang bisa disewa di sana. Mengarungi situ sambil menikmati pemandangan merupakan pengalaman yang tiada duanya.

Rancabali Ciwidey
Perkebunan teh di Rancabali, Kabupaten Bandung. | Foto serbbandung.com

Tempa wisata yang lokasinya masih di kawasan Rancabali Ciwidey adalah pemandian air panas Walini. Objek wisata ini yang airnya bersumber dari Gunung Patuha dikelilingi perkebunan teh yang hijau. Udaranya sejuk karena berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan air laut.

Air pemandian di Walini bersumber dari pegunungan yang ditampung dan diolah pada bak khusus. Untuk menjaga keebersihan kolamnya dikuras secara teratur untuk menjamin kualitas air yang bening, bersih, aman bagi kesehatan.

PTPN VIII yang mengelola perkebunan teh di Rancabali Ciwidey juga mengelola perkebunan teh lainnya di Jawa Barat. Perusahaan pelat merah ini mengelola perkebunan teh di lahan seluas 25.905,3 Ha. Lahan tersebut tersebar di 6 kabupaten yakni 2 perkebunan di Sukabumi, 2 perkebunan di Bogor, 3 perkebunan di Cianjur, 2 perkebunan di Subang, 12 perkebunan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, dan 3 perkebunan di Kabupaten Garut.

Produksi teh PTPN VIII terus menigkat dari tahun ke tahun karena pengelolaan yang baik mulai dalam hal pembudidayaan, cara pemetikan, dan pengolahan untuk memenuhi permintaan para pembeli. Keterlibatan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung juga memberikan andil dalam peningkatan produksi dan mutu. *

Selain Rancabali Ciwidey, Kebun Teh di Bandung adalah:

  • Sinumbra
  • Rancabolang
  • Pangheotan
  • Bukit Tunggul
  • Montaya
  • Pasirmalang
  • Kertamanah
  • Malabar
  • Purbasari
  • Sedep
  • Talun Santosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.