Pusat Sains di Soreang, Wayang Golek Hingga Planet

TERBAYANG tidak, ada hologram bupati? Jika belum pernah melihatnya tunggu  kehadirannya di Pusat Sains yang masih satu kompleks dengan Gedung Sabilulungan di Jalan Al-Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung. Lokasinya tak jauh dari Kompleks Pemkab Bandung.

Pusat Sains ini belum diresmikan dan masih dalam tahap uji coba. Namun, Senin (19/9/2016), puluhan murid SD Gentra Kopo didampingi guru dan orang tua menikmati sajian Pusat Sains tersebut. Warga lain yang ingin mengunjungi tempat lain pun dipersilakan untuk datang ke sini.

Pusat Sains
Pusat Sains di Jalan Al-Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung. | Foto serbabandung.com

“Memang belum diresmikan. Butuh penyempurnaan, tetapi kalau warga ingin ke sini silakan saja. Kami butuh masukan agar pusat sains ini lebih sempurna,” kata Ayep Rukmana, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung di Pusat Sains, Senin (19/9/2016).

Banyak yang bisa dilihat oleh pengunjung di gedung berlantai tiga ini. Sebelum masuk di depan gedung ini terdapat patung Dinosaurus. Ketika masuk di lantai satu pengunjung disuguhi awal terbentuknya Bandung. Terdapat juga  deretan bupati yang pernah memimpin kota ini dipajang. Di bagian lain masih di lantai ini ada penjelasan mengenai rumah adat sunda.

Di lantai ini belum tertata rapi. Gamelan di sini masih menumpuk.  Satu set gamelan lainnya tertata rapi dan dimainkan murid-murid SD Gentra. Di lantai ini terlihat display yang memperkenalkan kuliner khas Bandung. Foto Asep Sunandar Sunarya terpasang di bagian display pengenalan wayang golek.

Untuk ke lantai dua pengunjung bisa melalui tangga atau lift yang disediakan. Di lantai ini terlihat alat peraga. Ala-alat ini bisa disentuh dan dimainkan oleh pengunjung. Di sini juga terdapat foto-foto ilmuwan, termasuk Prof BJ Habibie dan penemu pondasi cakar ayam Prof. Dr. Ir. Sedijatmo.

Pusat Sains Wahana Luar Angkasa

Di lantai tiga adalah wahana luar angkasa. Di sini pengunjung diperkenalkan pada planet dan bumi. Foto-foto dan display planet tersedia di sini. Baju astronout ukuran sebenarnya tersimpan dalam lemari kaca. Di langit-lagit lantai ini bergelantungan globe planet di tata surya bimasakti.

Masih di lantai tiga, di simi  terdapat 4D Cinema sebuah wahana yang memberikan pengalaman menarik pada pengunjung. Di sini pengunjung bisa menonton film berformat 4D. Disediakan tiga film untuk pengunjung merasakan tonton seperti dalam keadaan sesungguhnya. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Pusat Sains di Soreang, Wayang Golek Hingga Planet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.