Punclut Bandung di Ciumbuleuit, Pesona Alam Berkombinasi Kuliner

PUNCLUT  Bandung di Ciumbuleuit? Hmmm, pasti teringat nasi timbel, kan. Kawasan ini memang sudah lama terkenal dengan kuliner khas Sudanya. Berada di dataran atas kota di Bandung Utara, daerah ini menjadi tujuan favorit para pelancong untuk melepaskan penat. Tengok saja pada hari Sabtu, Minggu atau hari libur, jalanan di sini pasti penuh oleh warga atau wisatawan yang berjalan kaki untuk berolahraga pagi.

Tak hanya pada pagi, siang atau sore, ketika malam datang pun masih banyak pelancong yang masih menikmati sejuknya kawasan Punclut Bandung. Sekaligus juga mereka menikmati keindahan lampu-lampu yang gemerlap di Kota Bandung. Kalau lagi cerah, beberapa ikon seperti tower Masjid Agung atau Jembatan Pasupati bisa terlihat dari sini.

punclut bandung
Kawasan Punclut Bandung di  Ciumbuleuit. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Punclut Ciumbuleuit merupakan dataran tinggi yang terdekat dari Bandung. Jaraknya hanya 7 kilometer dari pusat kota. Kawasan ini memiliki luas lebih kurang 286 hektare dan menjadi paru-paru Kota Bandung dengan suhu rata-rata 15 derajat celsius hingga 22 derajat celsius.

Untuk ke Punclut Ciumbuleuit, bisa masuk dari arah Jalan Ciumbuleuit terus saja lurus. Setelah sampai di RS Salamun, belok ke Jalan Bukit Raya. Dari sana jalan terus hingga akhirnya terlihat jalanan tidak terlalu lebar.

Di kawasan Punclut Ciumbuleuit terdapat jajaran kios dan pedagang kaki lima di sisi kiri dan kanan jalan. Para pedagang ini menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari makanan sampai dengan keperluan rumah tangga. Di sini juga banyak penjual kuliner khas Sunda seperti nasi timbel, tutut, sambal pecel dan yang lainnya.

Satu kedai yang menjual kuliner khas Sunda di Punclut Ciumbuleuit adalah Saung Katineung Rasa Ibu Ikah. Saung ini berada di Desa Pagerwangi Bandung. Sambil menikmati makanan dari suang ini bisa melihat pemandangan yang terhampar hijau.

Menu yang disajikan termasuk relatif terjangkau. Ada ayam yang dibandrol Rp 15.000. Kemudian nasi Rp 3.000. Untuk minyman yang menyegarkan, di Saung Katineung Rasa Ibu Ikah Punclut Ciumbuleuit tersedia kelapa muda yang harganya Rp 10.000.

Jalan Punclut Ciumbuleuit jalan yang bisa tembus ke Lembang. Jalan ini merupakan jalur alternatif wisatawan yang akan ke sana. Jalannya cukup sempit dan menanjak. Namun tetap bisa digunakan jika ke jalan utama ke arah Lembang arus lalu lintasnya mengalami kemacetan.

Punclut Bandung

  • Bisa lihat Bandung dari ketinggian
  • Banyak penjual kuliner khas Sunda
  • Cocok untuk jalan-jalan pagi
  • Jalan alternatif ke Lembang
  • Tak jauh dari pusat kota
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.