Pintu Tol, Gerbang Utama Masuk ke Kota Bandung

JIKA ke Bandung sebaiknya lewat gerbang tol mana? Ada 5 pintu tol yang disediakan PT Jasamarga buat pengguna jalan berbayar ini masuk ke Bandung. Namun gerbang tol yang paling favorit adalah Gerbang Tol Pasteur. Kawasan ini kerap terjadi antrean sebelum keluar dari pintu. Kemacetan biasanya berlanjut setelah memasuki Jalan Dokter Djundjunan (Terusan Pasteur) dan terus ke Jalan Pasteur.

Gerbang Tol Pasteur jadi pilihan utama karena aksesnya dekat dengan pusat keramaian kota ini. Terutama tempat belanja dan wisata. Dekat dengan Gerbang Tol terdapat mal yang populer di Bandung Utara, namanya Paris van Java. Dari sini juga dekat ke Jalan Ir H Djuanda (Dago), Jalan Cihampelas, dan Jalan LLRE Martadinata (Riau).

pintu tol buahbatu
Pintu tol Buahbatu lengang, Senin (26/12). | Foto serbabandung.com.

Di jalan yang telah disebutkan di atas merupakan kawasan perbelanjaan yang sering didatangi pelancong luar dan dalam Bandung. Terutama di Kawasan Riau banyak bejejer factory outlet yang menawarkan fashion yang harganya relatif terjangkau dan tentunya saja modelnya yang terbaru.

Gerbang tol alternatif masuk ke Bandung adalah Gerbang Tol Buahbatu. Biasanya pengguna jalan tol akan memilih gerbang ini saat masuk ke Bandung jika di Pasteur mengalami kemacetan. Gerbang ini keluarnya di Jalan Terusan Buahbatu. Jika akan ke pusat kota pilih belok ke arah kiri. Pintu tol ini relatif jauh ke pusat kota, namun jika ingin berwisata ke Bandung Selatan seperti ke Pangalengan bisa keluar dari tol ini. Dari pintu tol itu tinggal belok kanan.

Pintu Tol Kopo

Alternatif lainnya adalah keluar dari Gerbang Tol Kopo. Kemacetan sering terjadi di kawasan ini terutama setelah keluar dari tol. Lewat pintu tol ini sangat tepat jika ingin menuju ke Soreang, pusat pemerintahan Kabupaten Bandung dan ke tempat wisata Ciwidey. Di Ciwidey banyak pilihan tempat menarik untuk berwisata alam.

Kalau ke arah Kopo, pengguna tol bisa menuju Pasar Caringin di Jalan Soekarno Hatta atau jika terus lurus bisa menuju ke Asatananyar, Alun-alun, Jalan Cibadak, dan bisa ke Jalan Sudirman.

Kemudian ada pintu tol Mohamad Toha. Dari pintu ini dekat ke Lapangan Tegallega dan ke Alun-alun Bandung. Keluar dari pintu ini juga bisa melanjutkan ke Dayeuhkolot, Beleendah, dan bisa langsung ke tempat wisata Pangalengan atau Situ Cileunca.

Gerbang Tol yang langsung mengakses ke Jalan Soekarno Hatta adalah Gerbang Tol Pasirkoja. Gerbang ini menjadi pilihan kendaraan umum seperti bus karena dekat dengan Terminal Leuwipanjang. Dari pintu tol ini lebih dekat ke Jalan Pasirkoja dan ke Jalan Sudirman (bunderan). Dari Sudirman bisa langsung ke Jalan Sukajadi lewat Jalan Rajawali atau lurus ke arah Cimahi.

Pintu tol yang masih dalam pembangunan adalah Gerbang Tol Gedebage. Pintu tol ini di KM 149 dan 151 Purbaleuyi ini merupakan salah satu akses ke Gelora Bandung Api dan Kota Baru Gedebage yang juga masih dalam tarap pembangunan. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.