Batu Templek, Air Terjun yang Mempesona

KALAU mendengar batu templek, pikiran pasti melayang ke tempat indah di tempat wisata alam Batu Templek di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan. Jarang yang tahu kalau batu templek adalah batu ornamen untuk desain eksterior perkantoran, bisnis, dan perumahan.

Dalam laman jualbatualammurah.com disebutkan batu templek merupakan jenis batu vulkanik lelehan atau andesit berstruktur berlembar. Proses pembentukannya berasosiasi dengan aktifitas vulkanik. Batu ini termasuk jenis batuan metamorf yang terbentuk karena perubahan tekanan dan suhu yang tinggi ayau panas bumi.

Air terjun Batu Templek. |Foto Ars Video youtube.com #serbabandung
Air terjun Batu Templek. |Foto Ars Video youtube.com #serbabandung

Adapun batu tersebut berbentuk templek, lempeng atau yang lebih dikenal dengan Slate karena  terbentuk dari lempung dan batuan shale.  Dinamakan batu templek atau batu lempeng karena batunya menyerupai lempengan tipis.

Air terjun yang terlihat indah  di sana terbentuk tidak sengaja. Proses alam akibat penggalian batu yang dilakukan masyarakat setempat di  sebuah tebing membentuk aliran air dari atas ke bawah di tebing tersebut.

Wisata alam ini mulai ramai diperbincangkan sejak tiga bulan lalu. Padahal keberadaannya sudah ada beberapa tahun yang lalu.  Warga di sana baru tersadar keindahan di Batu Tumplek ini mengundang wisatawan setelah bayak diperbincangkan di media sosial.

Batu Tumplek memberikan “surga” bagi yang hobi fotografi. Banyak spot-spot yang menarik untuk dijadikan background. Di sini juga banyak yang berfoto prewedding, atau sekadar selfie mengabadikan keindahan alam.

Jalan ke Batu Templek bisa masuk dari Jalan  Pasirimpun setelah Lapas Sukamiskin. Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke wilayah Desa Cikadut.  Di kawasan Desa Cikadut, wisatawan bisa terus melaju, setelah ada Kantor Desa Cikadut sekitar 15 menit lagi bisa sampai ke sana.  Setelah menemukan papan petunjuk, belok ke  arah kanan ke jalan menurun yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Kawasan wisata alam ini belum dikelola secara formal. Wisawatan bisa menikmati air terjun ini secara gratis. Kalau pun harus mengeluarkan uang itu untuk membayar parkir kendaraan yang telah disediakan warga sekitar. *

Yang Bisa Diperoleh di Batu Templek

  •  Melihat air terjun yang indah
  •  Banyak spot menarik untuk berfoto
  • Masih gratis, kalaupun harus mengeluarkan uang hanya untuk bayar parkir

Sumber:
jualbatualammurah.com
Tribun Jabar edisi Minggu (5/7) halaman 7

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.