Perpustakaan Gasibu, Tempat Nyaman Bagi yang Hobi Membaca

Setelah Lapanngan Gasibu bersolek, tempat favorit yang senang berolahraga ini menjadi lain dari kondisi sebelumnya. Yang menarik di pojok dekat Jalan Surapati dan belokan Jalan Gazebo ada bangunan mungil dan berbentuk setengah lingkaran. Bangunan tersebut adalah sebuah perpustakaan. Siapa pun yang senang membaca bisa masuk ke sana. Namanya Perpustakaan Gasibu.

Perpustakaan Gasibu diresmikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Herwayawan pada 16 September 2016. Di prasasti tanda tangan gubernur tertulis bahwa perpustakaan ini merupakan bantuan dari Corporate Social Responsibility bank bjb. Adapun pengelolaannya langsung di bawah Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat yang berkantor di Jalan Kawaluyaan, Soekarno Hatta.

Yang berminat mengunjungi Perpustakaan Gasibu tidak dipungut biaya. Siapa pun boleh masuk asal menjaga ketertiban. Jangan lupa sebelum masuk buka sepatu atau sandal dan menyimpan tas atau helm di loker yang telah disediakan. Jangan takut hilang karena lokernya terkunci dan bisa kuncinya bisa dibawa.

Perpustakaan Gasibu
Perpustakaan Gasibu. | Foto serbabandung.com.

Bagi yang ingin membaca buku di sana, perpustakaan ini menyediakan sofa melingkar dan kursi untuk membaca. Bahkan beberapa remaja yang berkunjung ke sana, Selasa (11/4/2017), terlihat duduk di lantai yang bersih. Tiga orang ABG lainnya asyik bersenda gurau sambil memegang buku di sofa berwarna putih.

Rak-rak bukunya terisi penuh buku-buku yang bisa dipilih pengunjung. Di sana juga tersedia 10 perangkat komputer untuk membaca e-book yang telah disediakan pengelola perpustakaan. Komputer tersebut terkoneksi internet yang hanya bisa mengakses untuk membuka dan membaca e-book.

Buku di Perpustakaan Gasibu

Buku yang tersedia di Perpustakaan Gasibu ada 3.500 ribu buku. Semua buku-buku tersebut termasuk komputernya merupakan bantuan dari Corporate Social Responsibility bank bjb. Buku-buku tersebut bisa juga dipinjam di bawa ke rumah asalkan telah menjadi anggota.

Untuk menjadi anggota, peminat harus datang ke Perpustakaan Kawaluyaan, dengan membawa syarat-syarat seperti KTP atau surat domisili buat warga luar Bandung. “Silakan saja datang ke Jalan Kawaluyaan kalau mau jadi anggota perpustakaan,” kata petugas yang berjaga pada Selasa itu.

Perpustakaan Gasibu buka setiap hari pada pukul 09.00-19.00. Khusus untuk Sabtu buka pukul 09.00-16,00 dan Minggu buka pada pukul 06.00-12.00. Jadi khusus hari Minggu, yang senang berolahraga pagi setelah berlelah-lelah bisa langsung membaca buku di perpustakaan tersebut. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.