Pempek Faisal di Jalan Oto Iskandardinata yang Enak dan Lezat

ORANG Bandung pasti sudah kenal pada kuliner yang bernama pempek. Kendati makanan ini berasal dari Palembang tapi penggemarnya banyak sekali di sini. Pedagang penganan ini  juga bertebaran mulai yang didorong menggunakan roda, atau menggelar dagangan  di sebuah jongko di jalan-jalan Kota Bandung.

Sekadar mengingatkan penganan berasal dari Palembang ini  terbuat dari ikan dan sagu.  Penyajiannya harus ada saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang).  Cuko terbuat dari air yang dididihkan,  ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Pempek Faisal di Jalan Oto Iskandardinata. |Foto serbabandung.com #serbabandung
Pempek Faisal di Jalan Oto Iskandardinata. |Foto serbabandung.com #serbabandung

Jenis pempek yang banyak beredar saat ini adalah  kapal selam, telur besar, selam kecil, telur kecil, keriting, kulit, tahu, pistel,  udang,  belah, panggang, lenggang, dan lain-lain.

Di Kota Badung ada pempek yang terkenal. Namanya pempek Faisal. Lokasinya di Jalan Oto Iskandardinata. Kedainya tidak terlalu besar namun sangat mudah terlihat dari jalan. Dekat dengan perempatan Jalan Kalipah Apo dan Jalan Oto Iskandardinata.

Menurut pemiliknya, Opit, pempek ini sudah berdiri pada 1978. “Lumayan sudah lama juga. Ya sekitar tahun 70-an,'” kata Opit sambil melayani pembeli di kedainya, Kamis (7/5/2015).

Menurut Opit nama Faisal yang terpampang di plang di depan kedainya adalah nama pamannya. “Saya merupakan meneruskan bisnis ini bersama yang lainnya,” kata Opit.

Kedai Faisal yang pada Kamis malam itu lumayan banyak dikunjungi pembeli, menurut Opit, buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00. “Kalau tutupnya tidak tentu tergantung dagangannya sudah habis atau tidak,” kata Opit.

Di kedai  Faisal menjual  kapal selam yang harga satu porsinya Rp. 12 ribu. Ada juga  Kelesan yang dijual Rp.  10.000. Kemudian Lenggang Rp.12.000. Lenggang spesial  Rp. 14.000, Model Rp. 10.000, dan sate/adaan Rp. 5.000. Daftar harga  tersebut tertempel di tembok kedai. Harga tersebut bisa saja berubah. *

Menu Pempek Faisal

  • Kapal selam  Rp. 12 ribu
  • Kelesan  Rp.  10.000
  • Lenggang Rp.12.000
  • Lenggang spesial  Rp. 14.000
  • Model Rp. 10.000
  • Sate/adaan Rp. 5.000

Harga tersebut bisa saja telah berubah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.