Pempek 10 Ulu Pak Anang, Salah Satu Pempek yang Banyak Dicari

BANYAK yang  bilang pempek yang enak itu pempek yang berasal dari kawasan 10 Ulu di Palembang. Mengapa paling enak? Karena ternyata pempek itu berasal dari daerah tersebut. Fakta tersebut diungkapkan dalam laman m.detik.com/travel/. Kemudian pempek yang berasal dari sana disebut pempek 10 Ulu.

Disebutkan dalam laman tersebut pada  masa lalu, 10 Ulu adalah daerah Pecinan. Konon, ada apek-apek (bapak tua) yang memodifikasi bakso ikan menjadi bentuk makanan yang ditaburi  cuko. Apek itu berjualan keliling di 10 Ulu dengan memakai keranjang rotan.

Pempek 10 Ulu Pak Anang
Pempek 10 Ulu Pak Anang di Jalan Veteran. | Foto serbabandung.com.

Dalam laman tersebut dikisahkan dagangan Apek itu laris, tiap kali orang menunggunya lewat dan memanggil Apek! Ada juga yang memanggilnya Mpek! Lama-lama jadilah kata Pempek. Akhirnya banyak yang meniru dan menjualnya. Pempek itu terus merambah daerah lain seperti Balikpapan, Jakarta, Bandung, dan kota-kota lainnya.

Di Bandung pempek 10 Ulu satu di antaranya ada di Jalan Veteran No. 67. Namanya Pempek 10 Ulu Pak Anang. Pempek ini merupakan salah satu pempek yang banyak dicari warga Bandung. Rasanya yang masih kental rasa aslinya menjadikan pempek ini banyak diburu.

Kedai Pempek 10 Ulu Pak Anang berada di tepi Jalan Veteran. Posisi tersebut memudahkan buat pelanggan untuk menjangkaunya. Sebuah billboard berwarna kuning bertuliskan “Pempek 10 Ulu Pak Anang” berwarna merah dan hijau sudah tampak dari kejauhan.  Menempati paviliun sebuah rumah, kedai ini tidak terlalu luas.

Seperti kedai pempek lainnya, kedai Pempek 10 Ulu Pak Anang pun menjual aneka pempek, seperti kapal selam, lenjer, adaan.  Di sini pengunjung bisa membeli yang matang atau yang mentah. Bukan hanya pempek, kedai ini menyediakan tekwan, model, dan es kacang.

Pempek kapal selam  merupakan pempek yang di dalamnya terdapat potongan telur ayam. Untuk menambah citarasa tentu saja pempek ini dibubuhi bumbu cuka yang terkenal dan mi.

Pempek lenjer tak kalah lejat. Pempek yang telah diberi saus cuka dan mi benar-benar sulit untuk dicicipi. Harga pempek di sini berada di kisaran Rp 15.000-20.000.

Pempek 10 Ulu Pak Anang

Jalan Veteran no. 67 , Bandung 40112
Telp. 022-4264239

Sumber tulisan:
kulinerjomblo.blogspot.co.id/

m.detik.com/travel

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.