Pedagang Kue di Jalan Buahbatu

JIKA sedang mencari  kue untuk hajatan, ulang tahun, acara lainnya,  atau hanya sekadar untuk mencicipi, datang saja ke Jalan Buahbatu, Kota Bandung. Di sini segala macam kue baik yang basah maupun kering tersedia. Bisa membeli satuan ataupun partai banyak. Pedagang kue di Jalan Buahbatu berada di  halaman toko serba ada yang sudah takterpakai dan Borma, depan bank bjb  Buahbatu. Bukanya hanya pagi mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00. Setiap hari Minggu bukanya bisa lebih lama yakni hingga pukul 10.00.

Pedagang kue di Jalan Buahbatu yang bukanya hanya pagi saja. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Pedagang kue di Jalan Buahbatu yang bukanya hanya pagi saja. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Kue-kue yang dijual pedagang kue di Jalan Buahbatu di antaranya bakwan, risoles, lepet, kue lumpur, nagasari, dadar gulung, apem, lemper, bolu kukus,  donat, kue keju, arem arem, pukis, tape goreng, kue lapis, cake, brownies, dan kue basah khas Indonesia lainnya.

Sejak kapan pasar kue ini mulai ada? Pedagang-pedagang kue ini mulai menjajakan kue di sana  pada 2000-an. Tadinya halaman ini hanyalah sebuah halaman bekas  sebuah toko serba ada. Toko serba ada yang bernama Trina ini merupakan toserba pertama yang berdiri di Jalan Buahbatu.

Trina pada 80-an sangat populer di kawasan Buahbatu. Sebelum ada dunkin’ donuts dan Borma (Borobudur) di sampingnya, atau Griya di dekat Jalan Cijagra,  toserba ini menjadi tempat favorit berbelanja bagi warga di kawasan Buahbatu. Memasuki tahun 90-an toserba Trina tutup. Toserba Hero sempat buka di sana, namun  beberapa lama kemudian tutup.

Sekarang di halaman itu setiap pagi ada puluhan pedagang yang menjajakan dagangannya. Pembeli yang  ke sana tidak hanya datang dari kawasan Buahbatu  tapi juga dari daerah lain. Bahkan kue dari kawasan ini telah tercium ke luar kota Bandung.

Seperti Jumat (31/7) pagi para pembeli dan pedagang sudah memenuhi halaman toko itu. Layaknya sebuah pasar, kesibukan sangat terlihat, ada yang lagi menawar, ada pedagang yang baru saja buka membereskan dagangannya, ada juga tukang parkir setia membereskan kendaraan roda empat dan dua agar tidak membuat macet Jalan Buahbatu.

Harga kue di sana bervariasi. Tergantung kuenya apa dan tentu saja jumlahnya. Namun di sini pembeli bisa menawar dari harga yang telah ditentukan oleh penjual. Pembeli kue di sini tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, tetapi untuk dijual di tempat lain.

Bagaimana tertarik untuk mencicipi kue khas Buahbatu?*

Kue yang Dijual di Pasar Kue Buahbatu

Bakwan
Risoles
Leupeut (lontong)
Kue lumpur
Nagasari
Dadar gulung
Apem
Lemper
Bolu kukus
Donat
Kue keju
Arem arem
Pukis
Tape goreng
Kue lapis
Cake
Brownies

Lokasinya di  halaman toko serba ada yang sudah tak terpakai dan Borma depan bank bjb  Buahbatu.

Buka hanya pagi mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00. Setiap hari Minggu bukanya lebih lama yakni hingga pukul 10.00.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.