Pecel Lele di Bandung yang Sedap Banyak Pilihannya

MAKANAN ini sebetulnya bukan asli dari Bandung. Namun jongko-jongko yang menjajakannya hampir ada di tiap jalan di seluruh Kota Bandung. Nama makanan ini adalah pecel lele. Bagi yang senang mencicipi kuliner jalanan pasti mengenal makanan ini.

Makanan ini  berasal dari Jawa Tengah. Di tempat aslinya makanan ini disebut pecak lele. Makanan ini terdiri dari ikan lele yang digoreng dan sambal pecak. Untuk menambah rasa biasanya dalam penyajiannya disertai lalapan seperti kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang.

Jongko-jongko makanan ini  di Bandung biasanya tidak permanen. Pedagang baru membangun jongkonya setelah memasuki waktu sore. Mereka berdagang di pinggir  jalan. Kemudian setelah dagangan habis, mereka membongkar kembali tenda tersebut.

Jongko Pecel Lele di Bandung | Foto serbabandung.com
Jongko Pecel Lele di Bandung | Foto serbabandung.com #serbabandung

Jongko atau tenda yang mereka pasang memiliki ciri khas. Agar yang makan tidak terlalu terlihat dari luar tenda itu dipasangi layar yang terbuat dari kain, biasanya warna putih,  bergambar lele, ayam, bebek dengan tulisan besar-besar, seperti “pecel lele”, “ayam goreng”, atau “bebek goreng”.  Warnanya ada yang berwarna hijau, merah, kuning dan hitam.

Mereka juga tak hanya menjual pecel lele  tapi juga menjual lauk lainnya. Di sini pembeli bisa memilih yang disukai, di sini ada juga soto ayam, soto babat, ayam goreng, bebek goreng, bahkan ada juga burung dara goreng. Harganya relatif murah dibanding makanan yang dijual di tempat lain.

Kedai Pecel Lele Enak Ada di Dipatiukur

Kedai Lela yang berada di Jalan Dipatiukur Bandung, merupakan kedai yang banyak dikunjungi. Di sini ada beberapa menu pilihan seperti Original Lele Super Besar, Lele Fillet Saus Lada Hitam, Lele Saus Padang, Lele Fillet Goreng Tepung dan juga Lele Goreng Tepung.

Kedai lainnya yang diburu penyuka lele adalah di Mc Darmo. Kedai Mc Darmo  tidak pernah sepi setiap malamnya.  Berlokasi di depan pintu masuk Taman Lalu Lintas.  Mc Darmo hanya buka pada  malam hari.

Pecel Lele Metro juga menjadi pilihan penggemar lele  di kawasa  MTC Margahayu. Tak kalah nikmatnya pecel lele di depan SMP 12. Di Tamansari, juga ada  tempat makan pecel lele yang  berbeda dari warung tenda. Namanya kedai lele. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.