Patung Persib, Ada Juga yang Menyebutnya Patung Ajat

KALAU ingin lihat patung sepak bola, silakan datang ke Kota Bandung. Di kota ini ada patung orang yang sedang bermain sepak bola. Patung ini dikenal dengan nama Patung Persib. Letak patung tersebut di persimpangan Jalan Tamblong.

Mengapa patung itu berdiri di Kota Bandung? Ide awalnya datang dari Wali Kota saat itu Ateng Wahyudi, yang juga menjadi manajer Persib pada zaman perserikatan. Ini penghargaan karena Persib  saat awal 1990-an menjadi salah satu tim yang paling ditakuti.

Pada era itu Maung Bandung menjadi juara  Perserikatan musim1993-1994  dan Liga Indonesia 1994-1995. Patung karya seniman terkemuka, I Nyoman Nuarta ini juga untuk menunjukkan Bandung ini adalah kota sepakbola.

Patung Persib juga sering disebut patung Ajat Sudrajat. Ajat Sudrajat adalah legenda Persib yang berjaya pada era 90-an. Pada era tersebut Persib identik dengan Ajat Sudrajat.

Tapi ada yang bilang patung tersebut adalah patung Robby Darwis. Robby Darwis juga adalah seorang legenda. Dia adalah bek terhebat pada eranya, kapten Persib, dan beberapa kali memperkuat timnas Indonesia.

Model Patung Persib adalah Ajat Sudrajat

Menurut salah seorang pengurus PSSI Jabar, Maulana Kustiawan, kepada Persib.co.id, Senin (29/7/2013), patung itu bukan untuk perorangan, namun untuk warga Jabar khususnya Bandung.

“Hanya waktu itu yang menjadi model pembuatan patung adalah Ajat Sudradjat,” kata Maulana dikutip Persib.co.id.

Patung Persib masih menjadi perhatian  para pecinta bola, termasuk Viking Persib Club yang setiap memperingati hari ulang tahun  memandikan patung tersebut. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!