Pasar Kaget di Dekat Tugu Kujang dan RS Al Ihsan Baleendah

DI kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung terdapat pasar kaget yang keberadaannya sudah lama. Pasar ini berada dekat Tugu Kujang dan Kantor PLN di Jalan Dipati Ukur. Pedagang menggunakan jakur kiri dari arah tugu. Mereka berjualan mulai simpang empat hingga ke bundaran tugu.

Lapak-lapak berdiri menutupi jalar tersebut. Dari arah tugu yang berada lebih tinggi dari pasar tersebut, tenda-tenda berwarna-warni menutupi jalan tersebut. Orang yang berbelanja harus berebut jalan dengan lapak penjual dan juga dengan penjualnya. Ada juga pedagang yang memanfaatkab ruang kosong tak bertenda menawarkan barang-barangnya.

Penjual di pasar kaget ini pun memenuhi ruas jalan di kawasan Rumah Sakit Al Ihsan, Jalan Ki Astramanggala, dan beberapa pedagang membuka lapaknya di Jalan Anggadireja. Kegiatan jual beli yang meluber ke jalan itu terjadi hanya pada Minggu saja. Warga pun sudah maklum kawasan tersebut kerap macet mulai dari pagi hingga siang hari.

pasar kaget
Pasar kaget di Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu (16/7). | Foto serbabandung.com

Sama dengan yang ada di depan Kantor PLN, pedagang mendirikan lapak-lapak bertenda. Lapak-lapak tersebut memenuhi bahu jalan di depan RS Al Ihsan yang tak terlalu lebar. Deretan penjual ini mulai terlihat dari pertigaan dekat RS Al Ihsan hingga akhirnya bertemu dengan lapak-lapak yang dekat dengan Tugu Kujang.

Pasar kaget ini bak supermarket. Semua barang kebutuhan tersedia di sini. Ada penjual pakaian anak, pakaian dewasa, sepatu, sandal, alat-alat rumah tangga, sayuran, buah-buahan, ketela, aksesori ruamah tangga, ikan, kaus kaki, beragan makanan, dan banyak lagi. Harnya pun beragam, namun yang pasti sangat terjangkau.

Pasar Kaget di Baleendah Layaknya Pasar Tradisional

Seperti layaknya pasar tradisional, tawar menawar sering terjadi antara pembeli dan penjual. Harga barang bisa saja lebih kalau yang menawarnya berhasil meyakinkan penjual. Sebaliknya barang harganya akan sedikit kemahalan jika yang menawarnya tak berhasil meyakinkan penjual. Barang-barang yang bergeletakn atau yang digantung bisa dipilih pembeli yang melihatnya.

Pasar kaget di kawasan Tugu Kujang ini buka sejak pagi, bahkan ada beberapa yang buka sejak subuh. Adapun tutupnya siang hari hingga sore hari. Ketika pagi hingga siang hari kawasan itu padat oleh kendaraan dan yang berjalan kaki yang berkunjung ke sana.

Bagi para pedagang kegiatan di pasar kaget tersebut dimulai sejak malam. Sebelum dini hari, para pedagang sudah bongkar muat dagangannya di lapak-lapak masing-masing. Sebagian lagi sudah ada yang mendirikan tenda yang bisa dibongkar pasang yang terbuat dari besi pipa atau kayu. *
[google_maps id=”7545″]

One thought on “Pasar Kaget di Dekat Tugu Kujang dan RS Al Ihsan Baleendah

  • Pingback:Tempat Wisata Di Kecamatan Baleendah – Kecamatan Baleendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.