Markas Kodam III/Siliwangi, Cagar Budaya di Kota Bandung

BAGI orang Bandung gedung yang sekarang menjadi Markas Kodam III/Siliwangi merupakan kebanggaan. Pasalnya gedung yang menyimpan sejarah ini masih tetap lestari. Gedung ini berdiri pada 1981. Dulu gedung ini disebut Paleis van de Legercommandant atau istana panglima tertinggi militer.

Gedung ini berada di Jalan Aceh 59, dekat dengan Taman Lalu Lintas Bandung, dalam pembangunannya memakan waktu dua tahun. Perancang gedung ini adalah R.L.A. Schoemaker & C.P. Wolff Schoemaker.

Markas Kodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Markas Kodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Desain gedung kedua bersaudara tersebut tegak dan lurus khas militer. Seperti dijelaskan dalam laman kebudayaan.kemdikbud.go.id bangunan ini menggunakan gaya arsitektur Cubism, dengan ciri-ciri sudut-sudut bangunan berbentuk lancip. Gaya arsitektur ini pada masa itu belum lazim di Hindia Belanda.

C.P. Wolff Schoemaker juga menjadi perancang gedung-gedung bergaya Eropa di kota ini. Beberapa gedung yang masih berdiri sampai sekarang dan masih lestari adalah Bioskop Majestic di Jalan Braga, Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Hotel Preanger di Jalan Asia Afrika, dan masih banyak bangunan karya dia lainnya.

Ruangan yang ada dalam bangunan utama tersebut di antaranya bernama Ruang Sudirman. Ruangan ini terdiri dari ruang utama, pataka, kehormatan dan tamu VIP. Nama Sudirman dipilih untuk mengenang jasa Jenderal Besar Sudirman.

Tak hanya penamaannya saja di ruangan itupun terpasang patung sosok Sudirman beserta relief perjuangan Sudirman selama masa kemerdekaan di ruang utama. Ruang Sudirman diresmikan pada 1994. Ruangan ini masih terjaga dengan baik hingga sekarang. Selain ada Ruang Sudirman ada juga Ruang Abdul Haris Nasution, dan Ruang Kosasih (Aula).

Kawasan dekat Markas Kodam III/Siliwangi masih banyak gedung yang menjadi cagar budaya yang masih terawat, seperti Departement van Oorlog yang dibangun pada 1915. Saat ini difungsikan sebagai Detasemen Markas Kodam III/Siliwangi di Jalan Kalimantan.

Kemudian Kantor Direktorat Keuangan AD Keuangan Pusat II. Bangunan ini setipe dengan Detasemen Markas Kodam III/Siliwangi. Bangunan lainnya yaitu Kantor Inspektorat Jenderal Angkatan Darat. *

BAHAN TULISAN

http://www.siliwangi.mil.id/Organisasi
http://www.pikiran-rakyat.com/wisata/2011/05/07/144330/markas-kodam-iiisiliwangi-istana-panglima-militer
http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbserang/2015/04/13/cagar-budaya-di-kawasan-militer-kota-bandung/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.