Makam Para Bupati Bandung di Karanganyar

JIKA ingin mengetahui sejarah Bandung jangan lupa zaiarah ke makam para bupati kota ini. Letaknya di tengah kota, tak jauh dari Alun-alun Kota Bandung, di Jalan Karanganyar. Tepat di seberang Jalan Kepatihan terlihat gapura yang mengarahkan ke sana.

Di kompleks permakaman ini terdapat sebuah bangunan khusus. Bangunan tersebut tanpa dinding, hanya belasan pilar yang menyangga langi-langit bangunan tersebut. Catnya berwarna kunging. Tepat di atas bangunan tersebut ada tulisan yang berbunyi, “Makam Para Boepati Bandoeng”.

Di sebuah pilar bangunan tersebut ada plakat yang bertuliskan “Januari 2000 dipugar ku Yayasan Komisi Sejarah Timbanganten Bandung. Bandung 5 Januari 2000, Pengurus Yayasan KSTB.

Di bangunan ini terdapat sekitar 40 makam. Tiga di antaranya adalah makam Bupati Bandung keturunan Raden Adipati Wiranatakusumah lengkap dengan potretnya, termasuk di makam R.A Wiranatakusumah III (Dalem Karanganyar).

Makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar Bandung. | Foto serbabandung.com | #serbabandung
Makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar Bandung. | Foto serbabandung.com | #serbabandung

Makam Dalem Karanganyar menempati petak yang lebih khusus dari makam lainnya.
Makamnya berkeramik putih. Kedua nisannya bercar kuning keemasan. Di bawah nisan tersebut menempel plakat bertuliskan ukiran yang berbunyi, “RA Wiranatakoesoemah III (Dalem Karanganyar) Bupati Bandung Ka-VII, 1892-1846”.

Di bangunan ini terdapat makam orang tua Pahlawan Nasional Dewi Sartika, Nyi Raden Rajapermas dan Raden Somanegara. Makam Dewi Sartika sendiri berada beberapa meter dari bangunan utama.

Makam Dewi Sartika berkeramik putih. Terdiri dari 4 undakan yang dilingkari rantai. Di tepi makam tersebut terdapat plakat berwarna cokelat bertuliskan warna putih yang menerangkan bahwa makam tersebut adalah makan Pahlawan Nasional Dewi Sartika.

Di kompleks permakaman ini pun terdapat makam dr. Hasan Sadikin. Hasan Sadikin adalah Direktur Rumah Sakit Hasan Sadikin periode 1965-1967. Sebagai penghormatan nama Hasan Sadikin menggantikan nama rumah sakit sebelumnya, yakni RS Rantja Badak.

Hasan Sadikin wafat pada 16 Juli 1967. Menurut blog oenank.tumblr.com Hasan dimakamkan di Kompleks Permakamam Bupati Bandung-Karang Anyar karena merupakan keturunan dari Wiranata Kusumah III melalui ibunya. Hasan adalah kakak dari Ali Sadikin mantan Gubernur Jakarta. *

Sumber: http://news.detik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.