Lippo Karawaci Pemilik Bandung Indah Plaza dan Istana Plaza

Orang Bandung pasti sudah tahu Bandung Indah Plaza dan Istana Plaza. Kedua mal tersebut berdiri di jalan protokol di Kota Bandung. Bandung Indah Plaza (BIP) di Jalan Merdeka dan Istana Plaza di Jalan Pasirkaliki dan Pajajaran. Kedua mal tersebut merupakan milik Lippo Malls yang dipayungi Lippo Karawaci.

Di laman resminya disebutkan Lippo Karawaci mulai mengembangkan strata-titled mal di bawah Lippo Malls mulai tahun 2002. Hal tersebut dilakukan karena Lippo Karawaci menganggap para pengusaha di Indonesia telah bergerak menjauh dari outlet-outlet ritel tradisional. Strata-titled mal dan mal yang disewakan milik Lippo Karawaci terletak di lokasi-lokasi strategis di kota-kota besar Indonesia.

Mal-mal ritel mereka  menyediakan pusat perbelanjaan, hiburan, dan makanan. Tenan-tenannya merupkan tenan  besar seperti ritel domestik terkemuka Matahari Department Store, Hypermart, Timezone, Times, Bookstore dan Cinema XXI.

Istana Plaza pemiliknya Lippo Karawaci
Istana Plaza di Jalan Pasirkaliki. | Foto serbabandung

BIP merupakan mal yang telah lama berdiri. Mal ini berdiri pada akhir 80-an, mulai buka pada 1989 dan secara resmi dibuka pada 19 Agustus 1990. BIP direnovasi antara tahun 2005 dan tahun 2006. Atrium, dan entrance Jalan Merdeka direnovasi habis- habisan.

Lippo Malls lewat PT Consulting & Management Services Division (CMSD) yang ditunjuk PT Lippo Karawaci Tbk mengelola BIP. CMSD merupakan operator mal terbesar di Indonesia yang mengelola delapan mal sekaligus, yakni Plaza Semanggi, Cibubur Junction, Mal Lippo Cikarang, Eka Lokasari Bogor, Gajah Mada Plaza, Bandung Indah Plaza, Istana Plaza, dan Sun Plaza Medan.

Adapun Istana Plaza berdiri pada 2001. Penyewanya dari perusahaan terkenal baik yang berskala nasional maupun internasional, di antaranya ACE Hardware, Gramedia, Excelso, Bread Talk, Planet Sport, Ya Kun Kaya Toast, Game Master, dan Giordano. Istana Plaza memiliki konsep family mall yang menyediakan seluruh kebutuhan untuk keluarga di satu tempat.

Lippo Karawaci Berdiri pada Oktober 1990

Di laman Wikipedia disebutkan PT Lippo Karawaci Tbk didirikan pada Oktober 1990 sebagai anak perusahaan Lippo Group. Pada Januari 1993, Lippo Karawaci meresmikan pembangunan kota mandiri pertamanya Lippo Village di Karawaci, Tangerang, yang terletak 30 km sebelah barat Jakarta.

Pada tahun yang sama, Perseroan mulai mengembangkan Lippo Cikarang, sebuah kota mandiri dengan kawasan industri ringan yang yang terletak 40 km sebelah timur Jakarta. Selanjutnya mengembangkan kota mandiri Tanjung Bunga di Makassar, Sulawesi Selatan pada tahun 1997.

Melalui penggabungan delapan perusahaan properti terkait pada tahun 2004, Lippo Karawaci mengembangkan portofolio usahanya mencakup Urban Development, Large Scale Integrated Development, Retail Malls, Hospitals, Hotels & Leisure serta Fee-based Income.

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Lippo Karawaci Pemilik Bandung Indah Plaza dan Istana Plaza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.