Klaim BPJS 10 Persen di Kantor BPJS Jalan Suci Bandung

BAGAIMANA caranya klaim BPJS Ketengakerajaan di Jalan Ph Mustofa 39 (Suci), Bandung? Tidak sulit, hanya saja butuh kesabaran untk mengantre sebelum dipanggil oleh petugas di loket yang akan memeriksa berkas-berkas yang dibawa.

Para peserta program dari BPJS ini harus meminta nomor antrean di halaman depan kantor ini. Tepatnya berada di dekat pintu masuk kantor. Satpam akan menanyakan persyaratan yang dibawa sebelum memberikan nomor antrean yang akan klaim.

Setelah dari meja satpam, silakan duduk di kursi yang telah disediakan. Tunggu hingga nomor antrean dipanggil oleh petugas loket. Ada beberapa jenis nomor antrean di sini yakni untuk yang e-Klaim dan bagi yang langsung datang.

Setiap orang yang dipanggil membutuhkan waktu beberapa menit di loket. Tergantung persyaratan yang dibawa oleh yang bersangkutan. Biasanya kalau syaratnya terpenuhi akan berlangsung cepat disetujui oleh petugas loket.

Klaim BPJS
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Suci, Jalan PHH Mustofa, Bandung. | Foto serbabandung.com

Persyaratan untuk klaim BPJS Ketengakerjaan 10 persen, adalah peserta harus sudah bekerja selama 10 tahun di kantor yang telah mendaftarkan karyawannya sebagai perserta BPJS Ketengakerjaan. Selain pengambilan 10 persen, BPJS juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengambil 30 persen dari saldo BPJS Ketengakerjaan.

Klaim BPJS Lewat e-Klaim

Persyaratan untuk klaim BPJS Ketengakerjaan 10 persen adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek), rekening bank, dan surat keterangan masih bekerja di kantor bersangkutan. Jangan lupa bawa juga aslinya ke petugas untuk diperiksa, jika tidak proses tak bisa dilanjutkan, peserta harus balik lagi membawa berkas aslinya.

Bagi yang akan menggunakan e-Klaim, peserta bisa membuka akun BPJS Ketenagakerjaan. Di aplikasi tersebut ada fitur klaim JHT. Ada banyak pilihan tapi kalau ingin mengklaim 10 persen tinggal pilih yang itu. Isi formulir yang telah disediakan dan upload persyaratan. Persyaratannya sama dengan klaim manual.

Setelah mengisi persyaratan tunggu 24 jam ke depan, biasanya ada undangan dan berkas yang harus di-download untuk dibawa ke kantor BPJS. Di kantor BPJS, yang menggunakan cara e-Klaim akan mendapat nomor antrean khusus.

Pencairan klaim peserta dengan waktu pencairan tujuh hari kerja dari pemberkasan. *

9 thoughts on “Klaim BPJS 10 Persen di Kantor BPJS Jalan Suci Bandung”

  1. Saya kn kleam lewat online.trus be2rapa hari kemudian saya dapat undangan dari ekleam. & Isi bunyi dari ekleam tersebut.saya harus bw aplikasi kengkap.termasuk Npwp juga.. yg saya pertanyakn saya blm punya Npwp ny.. apa bisa hadir tanpa bw Npwp…?

    1. Kalau dulu saya ngambil yang 10 persen tanpa harus membawa NPWP. Saya bisa mencairkan klaiman. Saya nggak tahu apakah sekarang harus bawa NPWP atau tidak. Yang saya tahu, NPWP itu gunanya supaya potongan pajak bisa kena diskon. Terima kasih. Semoga membantu.

    1. Cek di email. Kalau belum ada juga balasan datang saja langsung ke Kantor BPJS. Asal persyaratan lengkap nggak sulit ko.

    1. Bisa, datang saja langsung ke sana. Mudah-mudahan tidak ada perubahan karena saya dulu pernah mencobanya dan bisa.

    1. Tidak tentu bisa cepat bisa lambat tergantung nomor antreannya. Kalau pengalaman saya sekitar setengah jaman, karena kebetulan yang antre tidak terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.