Kedai Kopi di Bandung, Coffee and John adalah Pilihannya

DI Bandung terdapat beberapa tempat menikmati kopi. Mulai kedai kopi yang telah berdiri sejaka zaman dulu, seperti Warung Kopi Purnama, hingga kedai yang khusus menyajikan kopi seperti Coffee and John yang terletak Jalan Naripan No 99. Kedai kopi ini termasuk baru berdiri.

Kopi yang disajikan di kedai Coffee and John menggunakan kopi arabica dan robusta. Terdapat 13 jenis biji kopi dari seluruh wilayah Nusantara dan 3 biji kopi impor dari Etiopia, Kolombia, dan Guatemala yang ditawarkan di sini.

kedai kopi Coffee and John
Coffee and John di Jalan Naripan, Bandung. | Foto infobandung.com

Penikmat kopi di Coffee and John tak perlu keluar uang banyak untuk mendapatkan kopi nikmat. Harganya berkisar Rp 15 ribu hingga 35 ribu. Dalam sehari kedai ini bisa menjual menjual sebanyak 150 hingga 200 cangkir per hari.

Yang menarik di kedai ini pegunjung bisa mencoba membuat kopi pesanannya sendiri. Tapi, tentu saja tidak sendirian karena barista akan membimbingnya untuk mendapatkan kopi bikinan sendiri yang rasanya nikmat. Barista adalah penyeduh dan yang menyajikan kopi kepada pembeli.

Kedai Kopi yang Sajikan John Avocado

Kopi yang paling favorit di Coffee and John adalah kopi dingin John Avocado dan Sweet John Signature Coffee. John Avocado racikan kopi dan alpukat yang di atasnya dibubuhi es krim cokelat. Kopinya disajikan terpisah dalam teko mungil. Adapun Sweet John Signature Coffee adalah kopi khas kedai tersebut yang memiliki karakter creamy latte dan sweet.

Penyajian kopi dingin di sini menggunakan metode cold brewed coffee. Kopi dalam metode cold brewed coffee adalah kopi hitam hasil penggilingan yang dimasukkan ke chamber kemudian teteskan air es sekitar seperempat detik per satu tetes. Butuh 12 jam untuk mendapatkan sebanyak 750 mililiter air untuk 100 gram kopi. Takaran tersebut untuk penyajian lima porsi kopi.

Penyeduhan kopi metode cold brewed coffee menghasilkan kopi yang rasa wine. Rasa tersebut bisa diperoleh karena ada fermentasi singkat dalam proses 12 jam tersebut.

Tak hanya seduhan kopinya yang nikmat, tempat dan suasana di kedai ini bisa membuat betah para pengunjung. Di sini tersedia tempat yang outdoor dan indoor. Kesejukan sangat terasa terutama di tempat outdoor karena ada tanaman hias yang rindang dan cantik. Jangan lupa di sini juga ada burung-burung cantik yang akan menemani.

Sumber: Leisure Tribun Jabar edisi Jumat (22/7) dan infobandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.