Kampung Warna-warni atau Cibunut Berwarna Potensi Wisata Baru

Tak hanya Malang yang memiliki kampung warna-warni. Bandung juga memilikinya, yakni di sebuah gang di Jalan Sunda atau tepatnya di Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung. Sebuah permukiman yang tadinya terkenal kumuh berubah asri dan ceria karena kawasannya dicat warna-warni.

Kampung warna warni di Cibunut berada di RW 07 yang terdiri dari 9 RT dari 10 RT yang ada. Ada 300 rumah yang dicat di wilayah seluas 5 hektare itu. Untuk menyaksikan kecerian tersebut, pengunjung harus menelusuri gang yang berada di Jalan Sunda tersebut.

Mulai dari mulut gang kecerian menyapa para pengunjung. Warna mencolok mendominasi kampung warna warni tersebut. Tak hanya berwarna, tiap RT di kawasan tersebut memiliki ciri khas warna dan tema masing. Tema yang diusung dalam mural di dinding di antaranya
lingkungan, perdamaian, kaulinan budak, sejarah hingga yang bertemakan pendidikan.

Wali Kota Ridwan Kamil meresmikan kampung warna warni di Cibunut atau Cibunut Berwarna, Senin (27/11). “Mudah-mudahan (kampung ini) bisa kami promosikan sebagai wisata kampung di Kota Bandung di mana tempatnya sangat guyub, warganya sangat bahagia,” ujar Ridwan Kamil dalam laman portal.bandung.go.id.

kampung warna-warni
Cibunut Berwarna di Jalan Sunda, Bandung. | Foto serbabandung.com.

Dalam laman portal.bandung.go.id disebutkan program Cibunut Brrwarna diinisiasi warga yang menginginkan lingkungannya menjadi lebih asri dan menarik. Cibunut Berwarna pun bisa terwujud atas kolaborasi dari berbagai pihak, yakni sumbangan dari Ikatan Alumni (IA) ITB Jawa Barat, Ikatan Alumni SMAN 3 Bandung, dan bantuan CSR dari AzkoNobel Decorative Paints Indonesia.

“Insya Allah kalau ini berhasil kita adopsi di tempat lain. Paling dekat mungkin Braga yang banyak dikunjungi wisatawan,” ujar Emil di sela-sela kunjungan ke Cibunut Berwarna dikutip dari portal.bandung.go.id.

Ketua RW 07 Herman mengatakan, program ini adalah upaya masyarakat untuk mendukung program pemerintah kota mewujudkan Bandung yang bahagia. “Bahkan mungkin bisa jadi tempat wisata, karena banyak juga dari luar kota datang ke sini, sharing tentang pengelolaan kebersihan dan lain-lain,” tutur Herman di portal.bandung.go.id.

Kampung Warna-warni di Malang

Di Malang, kampung warna-warni yang terletak di 2 kampung wisata yaitu Jodipan dan Kesatrian, kini menjadi tempat wisata. Rumah-rumah warga di sebelah timur jembatan Embong Brantas itu dicat dengan warna yang bervariasi. Tak hanya tembok rumah, atap rumah, jalanan, kandang ayam, tiang jemuran, juga berwarna mencolok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.