Cigondewah Menyediakan Kain yang Sedang Tren

DI Kota Bandung bagian Selatan terdapat sentra industri pakaian jadi dan kain. Namanya  Sentra Industri Pakaian Jadi Cigondewah. Lokasinya berada di Jalan Cigondewah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Sentra ini memproduksi berbagai jenis pakaian jadi dan kain. Sentra tersebut merupakan sentra untuk melangkapi sentra lainnya yang sudah ada di Kota Bandung, yakni sentra kain di Jalan Tamim dan di Pasar baru yang telah terkenal ke Malaysia dan Singapura.

Di kawasan ini pengunjung bisa membeli kain yang harganya terjangkau. Kai-kain tersebut dijajakan di toko-toko yang berjejer di sepanjang Jalan Cigondewah. Meski cukup jauh dari pusat kota kawasan ini tetap banyak dikunjungi wisatawan, dan warga lokal yang membutuhkan kaim, atau pakaian jadi.

Sentra Cigondewah berbatasan dengan Taman Kopo Indah/Cibolerang di sebelah selatan. Sedangkan di sebalah barat berbatasan dengan daerah Cijerah dan Margaasih. Di dekat sentra kain dan pakaian jadi terdapat sentra industri topi, tas, jaket, dll di Rahayu-Sindang Palay.

Dalam laman bedanews.com disebutkan sentra kain di Cigondewah mulai berkembang pada  1990. Disebutkan, H. Aep adalah pelopor bisnis kain di kawasan tersebut. Pria yang ditulis Bedanews.com hanya lulusan SD ini menjual potongan-potongan kain yang dibuang pemiliknya. Bisnisnya ini terus berkambang dan diikuti oleh tetangga, dan orang yang mengendus bisnis ini.

Tadinya Sentra Karung Bekas

Sentra kain di Cigowendewah Kota Bandung. | sentraindustribandung.com
Sentra kain di Cigowendewah Kota Bandung. | sentraindustribandung.com #serbabandung

Di laman lain, bandungtourism.com, disebutkan pelopornya adalah H Kohir. Ditulis laman tersebut kawasan Cigondeah tadinya merupakan sentra karung-karung bekas. Tidak dijelaskan mengapa sentra tersebut berubah menjadi sentra kain. Dalam laman tersebut disebutkan perubahan tersebut terjadi pada awal 1990-an.

Dalam laman sentraindustribandung.com ditulis di sentra tersebut terdapat tidak kurang dari 43 perajin pakaian. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 483.000 lusin dengan nilai investasi Rp. 1,53 miliar dan menyerap tenaga pekerja sebanyak 116 Orang.

Di kutip dari harian Tribun Jabar edisi Senin (29/6/2015) di halaman 3 dengan judul berita “Harga Kain Sifon Meningkat”, penjualan kain secara eceran di sana pada Ramadan tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Beberapa jenis kain yang diminati pasar di antaranya model kain dengan renda, jodha, spandex, dan sifon. *

Yang Ada di Sentra Cigondewah

  • Sentra penjualan macam-macam kain
  • Produksi dan penjualan tas dan dompet
  • Sentra produksi dan penjualan topi
  • Penjualan baham daur ulang pabrik
  • Sentara produksi dan penjualan pakaian anak dan dewasa
  • Penjualam bahan-bahan pendukung industri dan konveksi
  • Sentra produksi dan penjualan busana muslim
  • Produksi dan penjualan kesed dain kain perca
  • Sentra penjualan bahan daur ulang pabrik seperti: kardus, karung plastik, majun, benang, dan perca.

Sumber: bandungtourism.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Cigondewah Menyediakan Kain yang Sedang Tren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.