Jendela Alam Tempat Wisata Mengenal Alam di Cihideung

Jendela Alam tempat wisata yang memanfaatkan alam sebagai sarana hiburan. Tempat outbound dan rekreasi ini cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain tempat bermain, tempat ini cocok untuk mengenal alam langsung dari tempatnya.

Lokasi Jendela Alam berada di Kompleks Graha Puspa Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk ke tempat wisata tersebut, jalan yang bisa diakses adalah dari Jalan Setiabudi. Kemudian belok ke Jalan Sersan Bajuri atau sering dikenal sebagai kawasan Cihideung.

Pengunjung Jendela Alam bisa langsung merasakan kegiatan bertani seperti bercocok tanam, pembibitan, perkebunan dan kegiatan peternakan, melihat kegiatan memerah susu sapi, menunggang kuda poni, memberi makan kepada kelinci, ayam dan bebek.

jendela alam
Fasilitas di Jendela Alam, Cihideung, Lembang, Bandung Barat. Foto http://www.jendela-alam.com/images/stories/brosur/wahana.jpg

Beberapa kegiatan yang dinamakan Jendela Edukasi ini adalah Tur Sahabat Alam. Paket wisata ini merupakan pengenalan tumbuhan dan hewan di sana dengan dipandu oleh fasilitator yang bereran sebagai tour guide. Tumbuhan yang ada erbagi ke dalam beberapa pos yaitu, tanaman obat, greenhouse hidroponik, rumah jamur tiram, greenhouse tomat ceri, dan kebun konvensional.

Adapun hewan yang ada di Jendela Alam terbagi ke dalam beberapa pos yaitu, rumah kuda poni, rumah kambing etawa, peternakan ayam kampung arab, rumah kelinci, rumah reptil, dan rumah rusa totol.

Sebuah pengalaman menarik bisa dirasakan para pengunjung saat memanen telur. Peserta dibimbing oleh fasilitator memasuki pos peternakan ayam kampung arab. Di sana peserta diberi 1 buah egg tray dan melakukan kegiatan panen telur langsung dari ayam–ayam yang ada di sana.

Permainan Menarik di Jendela Alam

Permainan menarik sekaligus mengenal di Jendala Alam ada beberapa macam, seperti menangkap ikan, perang air, berenang, menggiring bebek, berkuda, dan flying fox. Kemudian ada fun games. Permainan yang tersedia di sana terdiri dari balloon transfer, floating water stick, four stroke race, fun hula, magic ball, tarik tambang, dan balloon race.

Jendela Alam menyediakan workshop yang bisa diikuti pelajar, seperti bedah anatomi hewan. Peserta workshop akan mendapatkan penjelasan tentang cara pembedahan unggas/mamalia. Kemudian mereka juga akan diberi penjelasan tentang fungsi-fungsi organ-organ, dan sistem-sistem dalam hewan tersebut.

Pengunjung bisa datang ke Jendela Alam secara perorangan maupun kelompok. Harga tiket masuk ke wisata ini berdasarkan dari laman resmi mereka adalah untuk dewasa dan anak-anak pada hari biasa Rp 15.000 dan untuk weekend/hari libur adalah Rp 20.000.

Jendela Alam buka setiap hari, Senin-Jumat pukul 09.00-15.30, Sabtu-Minggu-hari libur 09.00-16.00. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.