Ini Dia Penampakan Taman Pers Malabar

WALI Kota Bandung, Ridwan Kamil (Emil) pernah berjanji akan merevitalisasi taman yang kurang terurus di Jalan Malabar. Wali Kota yang juga arsitek ini akan menjadikan taman ini menjadi Taman Pers Malabar.

Emil berharap taman itu menjadi tempat berkumpul dan beraktivitas insan pers di kota ini. Emil mempersilakan kepada insan pers untuk menggunakan taman ini nanti. “Gunakan untuk mencari inspirasi dan berkarya,” kata Ridwan Kamil pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Taman Malabar Kota Bandung, Selasa (10/2/2015).

taman pers malabar
Taman Pers Malabar di Jalan Malabar, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Benar saja, taman itu, beberapa bulan ke belakang mulai digarap. Terpal plastik berwarna biru melingkar menutupi taman itu. Siapa pun, untuk sementara tidak boleh masuk ke taman itu. Hanya beberapa pekerja setiap hari terlihat membenahinya.

Senin (11/1/2015), terpal itu terbuka sedikit. Taman itu mulai bisa terlihat dari luar. Di bagian-bagian yang tadinya penuh dengan rumput liar terlihat bersih. Sampah-sampah yang biasanya berserakan juga mulai tidak terlihat lagi.

Di bagian taman yang dekat dengan bundaran Jalan Malabar-Palasari, terlihat semacam monumen berwarna putih berbentuk kotak berdiri menghadap ke Rumah Makan Ponyo. Di atasnya tertulis besar-besar “Harian Bandung Juara” berwarna hitam dan kuning. Di samping kanannya terdapat logo Pemerintahan Kota Bandung.

Ornamen di dekat benda seperti monumen itu terdapat tulisan “Taman Pers Malabar” setengah melingkar. Tulisan itu berwarna merah. Ukuran hurufnya kira-kira setengah meteran. Jika terpal plastik sudah dibuka tulisan itu bisa terlihat dari jauh.

Di bagian dalam taman terdapat “saung” yang ditutup atap terbuat dari seng bergelombang. Adapun kursi dan mejanya terbuat dari tembok. Bangunan yang menyerupai “saung-saungan” ini terdapat beberapa buah di sana.

Di ujung taman ini, dekat Jalan Halimun terdapat sebuah bangunan berlantai dua yang di depannya disediakan tempat untuk pot-pot bunga yang berbentuk bundar dan berundak tiga.

Belum ada kabar kapan taman ini akan diresmikan. Selintas taman ini terlihat masih harus dibenahi.

Taman yang ini merupakan taman yang dari dulu sudah ada di sana. Taman ini berada di antara Jalan Palasari dan Jalan Malabar. Bangunan yang dekat dengan taman ini adalah Hotel Malabar, SMK Telkom, SD BPI, dan Rumah Makan Ponyo. *

Bangunan yang Dekat dengan Taman Pers Malabar

  • Hotel Malabar
  • SMK Telkom
  • SD BPI
  • Rumah Makan Ponyo
  • Dll
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.