Hutan Pinus Bandung yang Menjadi Tempat Wisata

INGIN menikmati hutan pinus Bandung? Ada beberapa tempat yang layak dikunjungi. Hutna-hutan tersebut berada  di hutan di kawasan Bandung Selatan, Bandung Timur, maupun Bandung Utara.

Untuk menikmati Hutan pinus Bandung di kawasan Bandung Selatan wisatawan bisa mendapatkannya di Kampung Cai Ranca Upas. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

hutan pinus bandung
Terminal Grafika Cikole di Cikole, Kabupaten Bandung Barat. | Foto Terminal Grafika Cikole.

Wisata Ciwidey Kampung Cai Ranca Upas ini merupakan bumi perkemahan yang luas areanya sekitar 215 hektare. Berada pada 1700 meter di atas permukaan laut. Suhu udaranya lumayan dingin bisa mencapai sekitar 17°C – 20°C.

Di sekitar area wisata Ciwidey Kampung Cai Ranca Upas tersebut dikelilingi hutan lindung yang di dalamnya terdapat beragam flora seperti pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Adapun fauna yang hidup di hutan itu terdapat beragam jenis burung dan beberala satwa jinak seperti rusa.

Hutan pinus Bandung di kawasan Bandung Utara ada di kawasan Cikole. Jalan di kawasan ini di tepi jalanya banyak tumbuh pohon pinus. Di sana juga banyak tempat wisata yang menawarkan pesona hutan pinus, seperti Terminal Grafika Cikole.

Di antara rimbunnya pohon pinus di sini terdapat rumah-rumah panggung. Ada rumah panggung dua lantai dan rumah kurcaci yang satu lantai. Rumah-rumah tersebut bisa menjadi tempat istirahat sambil menikmati sejuknya udara di Cikole.

Hutan Pinus Bandung Utara

Hutan pinus Bandung Timur ada di tempat wisata Batu Kuda. Lokasi tempat kemping ini berada di lereng Gunung Manglayang, di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Wisata alam di Bandung Timur ini merupakan kawasan hutan pinus. Luasnya mencapai 20 Hektare.

Di tempat wisata yang berada di bawah pengawasan Perhutani Unit III Jawa Barat ini biasa menikmati udara pegunungan, berkemping dan hiking. Hutan pinus yang di sela-selanya terdapat jalan setapak menjadi daya tarik tersendiri. Pagi dan malam hari, suhu di sini sangat sejuk.

Tiket ke lokasi Wisata Batu Kuda harganya Rp 5.000 untuk dewasa maupun anak-anak. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.