Hiburan Rakyat yang Bisa Bertahan di Tengah Gempuran Teknologi

HIBURAN rakyat ini tak lengkang dimakan waktu. Meski teknologi perkembangannya tak tertahankan, wahana permainan yang biasa digelar di lapangan ini tetap banyak peminatnya. Ya, ketika anak-anak lebih senang memainkan gadgetnya, kora-kora atau ombak banyu ala hiburan rakyat ini masih laku untuk dijual.

Di sebuah lapang di Desa Andir, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, contohnya, hiburan rakyat tetap banyak pengunjungnya. Sabtu (28/7/2018) sore yang cerah, anak-anak belasan tahun, balita yang didampingi orang tuanya, laki-laki dan perempuan, terlihat menikmati wahana yang tersedia.

Mereka bisa memilih wahana yang ada, seperti ombak banyu, kora-kora, kereta mini, pemancingan mini, wahana khusus untuk balita yang terdiri dari beberapa permainan, dan trampolin yang berbentuk persegi panjang.

Untuk menikmati wahana-wahana tersebut pengunjung harus membayar rata-rata Rp 3.000 per oranmg per wahana. Sebuah tiket boks tersedia di sudut lapangan. Tak ada yang antre sore itu, namun kora-kora tak pernah berhenti dihidupkan untuk melayani anak-anak yang ingin menikmati permainan tersebut.

hiburan rakyat kora-kora
Kora-kora, wahana di hiburan rakyat. | Foto serbabandung.com

Kora-kora adalah wahana berbentuk perahu yang digantung menggunakan besi yang di atasnya terdapat gir. Gir tersebut untuk menggerakkan perahu tersebut ke kiri dan ke kanan. Kora-kora itu melambung setinggi-tingginya ke arah kanan dan ke kiri. Anak-anak yang menaikinya tampak semangat. Terdengar teriakan dari mereka ketika kora-kora berada di atas.

Kora-kora itu terbuat dari lempengan besi dan besi sebagai kerangka. Cat warna-warni dan beberapa tulisan semakin menarik bagi yang melihatnya. Ada tujuh kursi yang tiap-tiap kursi muat untuk dua orang di kora-kora tersebut. Kursi paling ujung kanan dan kiri merupakan tempat favorit karena ketika kora-kora itu berjalan bagian itu yang paling melambung.

Mesin penggerak atau disel kora-kora berada di bagian bawah. Seorang operator akan terus mengawasi pergerakan mesin itu. Dia menggerak-gerakkan kora-kora menjadi kencang atau melambat.

Ombak Banyu di Hiburan Rakyat

Beda dengan ombak banyu, pengunjung harus menunggu agak lama sebelum menikmati permainan tersehut. Operator permainan ini harus menunggu tempat yang kosong menjadi penuh sebelum wahana ini berputar kencang bergelombang.

Ombak banyu adalah permainan yang membutuhkan keberanian untuk menikmatinya karena tempat duduknya tanpa alat pengaman sedikit pun. Tempat duduknya terbuat dari kayu yang bentuknya melingkar, ombak banyu ditopang besi-besi yang bergir agar tempat duduk itu bisa berputar menggunakan tenaga disel dan dorongan tenaga beberapa orang.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.