Gunung Batu Baleendah Spot Bagus untuk Berfoto

KALAU lagi mencari lokasi untuk berfoto berlatar belakang yang agak beda jangan lewatkan gunung batu di Balaeendah, Kabupaten Bandung. Bentangan bekas galian yang tersebar di beberapa lokasi di sana, tepatnya di Pasir Paros, Baleendah, memang layak untuk dipertimbangkan.

Setiap sore tempat ini menjadi favorit warga untuk sekadar nongkrong, duduk di batu sambil memperhatikan lalu lintas yang tak terlalu ramai di Jalan Adipatikukur yang tak jauh dari gunung tersebut.

gunung batu di baleendah
Gunung Batu di Baleendah. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Jalan Adipatiukur adalah jalan tembus dari Jalan Laswi ke Jalan Raya Banjaran. Jalan ini merupakan jalur alternatif dari arah Banjaran jika di Jalan Raya Dayeuhkolot terendam oleh banjir. Di kawasan ini terdapat sebuah Rumah Sakit Umum Daerah Al-Ihsan.

Gunung batu di Pasir Paros ini bukan merupakan bentukan alam, tetapi merupakan hasil pekerjaan tambang manusia yang bertahun-tahun menggali gunung tersebut untuk diambil batunya.

Tahun 1990-an penambangan batu di sana masih bisa terlihat. Sekarang penambang batu di gunung itu sudah tidak ada. Kini yang tersisa bukit berbatu bentukan penambangan tersebut dan sebuah lapang yang terhampar mulai dari tepi bukit itu ke jalan.

Gunung Batu di  Baleendah Ada yang Jadi Tempat Wisata

Bukit yang terlihat di Jalan Adipatiukur hanya sebagian saja. Bukit bebetuan akibat penambangan masih banyak tersebar di kawasan ini, seperti di belakang rumah-rumah yang berjejer di jalan ini. Bukit-bukit bekas penambangan itu sudah mulai tertutupi tumbuhan liar.

Di kawasan Manggahang, tak jauh dari Situ Sipatahunan pun terhampar bukit-bukit bebatuan bekas penambangan. Di sini penambang batu masih bisa terlihat satu dua orang. Bahkan bekas penambangan batu di Cimalaka, masih tak jauh dari kawasan ini dijadikan tempat wisata bernama Kampung Batu Malakasari.

Menurut laman kampungbatu.co.id, kawasan yang memiliki luas 50.000 meter persegi ini merupakan bentukan bekas penambangan batu yang dieksploitasi secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak 1900. Kemudian direklamasi dan diubah menjadi sebuah lokasi menarik pada 2002.

Kampung Batu Malakasari berada di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.