Gong Integritas di Pendopo Bandung

SELAIN ada dua lonceng yang kokoh misterius berdiri di taman, di Pendopo Bandung juga terdapat gong super besar, yang biasanya di simpan sudut pendopo. Gong tersebut merupakan gong integritas bangsa.  Gong itu untuk memperingati satu abad Kebangkitan Nasional 1908-2008.
 
Gong tersebut tak hanya disimpan di Pendopo Bandung, tetapi juga gong lainnya pernah dibawa ke kilometer Nol Pulau We, Sabang, Aceh dan Merauke, Provinsi Papua. Gong itu diangkut pesawat C-30 Hercules TNI Angkatan Udara dari Skuadron 31 Pangkalan Udara (lanud) Halim Perdanakusuma, di Jakarta pada 16 April 2008 menuju lokasi.
 
Gong Integritas yang disimpan di Pendopo Bandung. | foto serbabandung.com
Gong Integritas yang disimpan di Pendopo Bandung. |Foto serbabandung.com #serbabandung

Di bagian atas penyangga gong itu tertulis “Bangkitkan Kembali Integritas Bangsa”, menggunakan warna putih berlatar belakang hitam. Adapun di lingkaran tengah gong tertulis “Gong Integritas Bangsa – Seabad Kebangkitan Nasional 1908-2008. 

 
Tulisan itu melingkari simbol-simbol agama yang ada di Indonesia, Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Di lingkaran luar gong berwarna kuning keemasan itu terdapat lambang-lambang 34 provinsi di Indonesia.
            
Di Bandung  deklarasikan integritas bangsa sekaligus untuk memperingati seabad kebangkitan nasional 1908-2008 dipusatkan di Lapangan Tegallega pada 3 Maret 2009. Pencanangan tersebut bersamaan dengan peringatan Bandung Lautan Api.
 
Gong berdiameter 2 meter itu dipukul sebagai tanda deklarasi integritas bangsa diresmikan. Hadir dalam acara tersebut unsur aparat pemerintah, TNI Polri, pelaku sejarah, pelajar, juga terlihat Menristek saat itu Kusmayanto Kadiman.
 
“Sebagai penerus cita-cita Bandung Lautan Api, kita harus memelihara jati diri martabat bangsa. Sebagai masyarakat Bandung, kami pun akan meningkatkan integritas, kedisiplinan dan siap bekerja sama,” ujar Wali Kota Bandung saat itu Dada Rosada saat membacakan deklarasi seperti dikutip detik.com.
 
Gong itu sempat dirubuh saat hujan deras disertai angin kencang menyergap Kota Bandung, Jumat (10/1/2014).  Saat kejadian, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tengah menggelar pertemuan dengan masyarakat adat Sunda. *

Gong Integritas di Pendopo Bandung

  • Dipukul pertama kali pada 3 Maret 2009.
  • Persemiannya berbarengan dengan peringatan Bandung Lautan Api di Lapangan Tegallega
  • Gong ini berdiameter 2 meter

Bahan tulisan:

http://beritasore.com/2008/04/17/dua-gong-integritas-bangsa-tandai-seabad-kebangkitan-nasional/
http://news.detik.com/jawabarat/912151/rangka-besi-baligho-setinggi-5-meter-di-peringatan-bla-ambruk
http://seputarnusantara.com/?p=21324
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.