Taman Vanda Berdiri di Lahan Bekas Bioskop

DULU di sudut Jalan Merdeka depan Mapolrestabes Kota Bandung ada sebuah bioskop. Namanya bioskop Vanda.  Bioskop ini seperti bioskop-bioskop lainnya mulai  berhenti pada 1990-an. Dalam laman mooibandoeng.wordpress.com disebutkan Bioskop Vanda dulunya bernama bioskop Rex. Kemudian berubah nama menjadi Panti Budaya pada 1950-an. Baru pada 1970-an namanya menjadi Bioskop Vanda. Setelah Bioskop Vanda tidak beroperasi lagi lahan di dekat Kantar Bank Indonesia Jalan Perintis kemerdekaan itu menjadi taman. Taman ini kemudian direvitalisasi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Taman ini pun kini bernama Taman Vanda.

Taman Vanda Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Taman Vanda Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Taman ini merupakan proyek revitalisasi taman-taman yang telah ada di Bandung. Sebelumnya Ridwan Kamil juga telah merevitaliasasi Taman Lansia di Jalan Cilaki, Taman Musik di Jalan Belitumg, Taman Gesit di Jalan Dipati Ukur, dan  beberapa taman lagi.

Taman ini merupakan taman yang direvitalisasi menjelang peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA). Namun hingga detik-detik taman ini belum tuntas juga. Faktor cuaca menjadi alasan tidak  selesainya taman ini saat itu.

Taman Vanda Berukuran 1.800 Meter Persegi

Taman Vanda berukuran lebih kurang 1.800 meter persegi. Taman  ini memiliki area plasa yang luas. Plasa ini bisa dimanfaatkan warga untuk bersantai.  Rencananya di sini juga bakan ada vertical garden dan taman bunga untuk memperindah taman yang bersebrangan dengan Taman Balai Kota.

Selain plasa, taman yang berada di perempatan Jalan Merdeka, Jalan Jawa, dan Jalan Peritis Kemerdeakaan ini dilengkapi amfiteater, kolam air mancur, dan logo taman. Manariknya taman ini juga akan dibuat water decoration, yakni air mancur dan dancing water.

Dancing water ini nantinya akan menari di dalam kolam air mancur. “Jadi, ada dua air mancur. Yang biasa satu yang menari (dancing water) satu. Hampir sama seperti  yang di Cikapundung, nanti juga ketika keluar airnya diiringi oleh lagu,” ujar Kabid Pertamanan Dadang Dharmawan dikutip Tribun Jabar, edisi Minggu (10/5/2015).

SUMBER: – Tribun Jabar edisi Minggu (10/5/2015)

One thought on “Taman Vanda Berdiri di Lahan Bekas Bioskop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.