BRI Tower Bandung, Pernah Jadi Gedung Tertinggi

BRI Tower Bandung adalah salah satu gedung tertinggi di Kota Bandung pada dekade 1990-an. Gedung ini mulai direncanakan dan dibangun pada 1991-1993. Gedung yang terdri dari 19 lantai itu menjulang sendirian di kawasan Alun-alun sebelum dua menara Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat dibangun.

Dari banyak referensi di internet dari sinilah awal pembakaran pembumihangusan kota Bandung dalam persitiwa heroik Bandung Lautan Api pada 23 Maret 1946. Pembakaran dimulai pada pukul 21:00 dari sebuah restoran di utara Alun-alun.

Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Gedung yang dibakar pada peristwa heroik tersebut tidak setinggi BRI Tower sekarang, namanya Indisch Restaurant. Dalam laman  j4mpe.blogspot.com disebutkan retoran tersebut belakangan bernama Rumah Makan Naga Mas.  Rumah makan ini pengunjungnya dari kalangan berduit.

Dalam j4mpe.blogspot.com juga disebutkan selain menyediakan  makanan Cina, restoran ini menyediakan menu makanan Eropa untuk  orang Belanda dan Eropa lainnya. Menu tersebut disediakan untuk para preanger planters alias para petani kaya yang turun gunung dari sekitar Bandung selatan yaitu petani teh dan kina.

BRI Tower pada 1990-an memang termasuk gedung tertinggi di Bandung bahkan di Indonesia. Namun memasuki tahun 2000-an gedung ini tidak termasuk ke dalam 20 besar gedung tertinggi di Bandung. Memasuki milenium baru gedung-gedung pencakar langit mulai bermunculan di kota ini.

Gedung yang paling tinggi di Bandung berdasarkan standar Emporis menurut data Skyscrapercity Forum Indonesia adalah Apartemen Galeri Ciumbuleuit II yang memiliki gedung 34 lantai.  BRI Tower masih kalah dari Gino Feruci Hotel di Jalan Braga yang meiliki 18, dan Beverly  Residence Apartment Jalan Sangkuriang No 15 yang terdiri dari 17 lantai.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan di The President Post Indonesia.com edisi 30 Oktober 2014, batas tinggi gedung di Kota Bandung adalah 100 meter. Pengaturan tinggi gedung itu mengacu kepada Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP). Bila diasumsikan setiap lantai memiliki ketinggian 3 m, artinya bangunan tinggi di Bandung sekitar 30 lantai. *

BRI Tower Bandung

  • Gedung ini dibangun pada 1991
  • Gedung yang terdri dari 19 lantai
  • Dulu bernama Indisch Restaurant
  • Kemudian namanmya berubah menjadi Rumah Makan Naga Mas

Bahan tulisan diambil dari:
http://j4mpe.blogspot.com/2013/05/indische-restaurant-atawa-rumah-makan.html
http://thepresidentpostindonesia.com/2014/10/30/b
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gedung_tertinggi_di_Bandung
http://id.wikipedia.org/wiki/Bandung_Lautan_Api

BRI Tower Bandung - Media Indonesia, 14 Oktober 1992
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

2 tanggapan untuk “BRI Tower Bandung, Pernah Jadi Gedung Tertinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.