Bermain Ice Skating di Gardenice PVJ

PERNAH bermain ice skating (seluncur es)? Permainan meluncur di atas es ini sudah pasti mengasyikkan. Tapi tahu tidak permainan sekaligus olahraga ini menurut studi Federico Formenti dari University of Oxford mulai dikenal 3000 tahun yang lalu di Finlandia bagian selatan.

Tentu saja saat itu tidak menggunakan sepatu khusus melainkan potongan tulang rusa kutub atau kuda rata yang diikat di bagian bawah kaki. Saat itu para skaters (sebutan para pemain ice skanting) tidak benar-benar meluncur di atas es, melainkan meluncur hanya di permukaan.

Gardeniice Skate Paris van Java Mall. | Foto gardenice-pvj.com
Gardeniice Skate Paris van Java Mall. | Foto gardenice-pvj.com

Sepatu ice skating yang bentuknya seperti yang terlihat sekarang diciptakan di Belanda pada abad ke-13 atau ke-14. Sepatu es tersebut di telapaknya terbuat dari baja yang tepinya diasah. Bentuk sepatu ice skating tidak banyak perubahan bentuk sejak saat itu.

Pada 1600-an, para bangsawan muda bermain ice skating di kanal dekat istana di Den Haag. Kadang-kadang mereka bermain pada malam hari dengan penerangan obor. Kegiatan tersebut sering diikuti dengan menari.

Bisnis yang melambat pada musim dingin, dan ketika danau dan kanal membeku, semua orang di Den Haag ikut meluncur, laki-laki muda dan tua, dan perempuan, petani, dan pangeran. Mereka seperti sebuah kesatuan meskipun berbeda kelas lewat olahraga yang menggembirakan ini.

Pada zaman modern ice skating ini merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan pada olimpiade musim dingin, seperti hoki es, skating cepat, skating indah, dan dansa es.

Di Bandung, permainan ini mulai masuk pada pada 2001. Arena ice skating ini berada di lantai 3 Istana Plaza, Jalan Pajajaran. Namun pada Februari 2009 arena ini ditutup dan berubah fungsi menjadi tempat makan.

Bagi yang ingin bermain ice skating di Bandung jangan khawatir karena bermain Ice Skating di Gardenice PVJ. Untuk menikmati wahana ini harus membeli tiket dulu yang harga Rp. 85.000 untuk akhir pekan dan Rp. 65.000 untuk hari biasa. Harga tiket itu untuk bisa meknimati permainan ice skating sepuasnya.

Di arena ini pun disediakan kaus kaki, loker, dan sarung tangan. Kaus kaki dijual Rp.10.000, sarung tangan Rp 15.000, dan untuk koin loker Rp. 5000. Di sini juga disediakan pelatih tapi tentunya harus bayar.

Jam Operasional Gardenice Skate

Minggu-Kamis: 10.00 – 22.00 WIB
Jumat-Sabtu: 10.00 – 23.00 WIB
Paris Van Java mall, Sky level 08.
Jl. Sukajadi 137-139 Bandung

Sumber: en.wikipedia.org/wiki/Ice_skating
http://www.gardenice-pvj.com/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.