Batu Ampar, Tempat Wisata Terbaru di Kawasan Lembang

Batu Ampar adalah sebuah tempat wisata di Lembang. Tepatnya di tengah hutan bukit tunggul Kampung Pasir Angling, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini lambat laun menjadi tekenal setelah banyak yang ingin mengetahui keunikan batu ini. Tempat ini bukan tempat wisata sengaja dikembangkan oleh pemerintah. Warga setempat lebih mengembangkan tempat tersebut setelah mellihat keunikannya.

Keunikan tempat waisata di Lembang ini adalah air yang bersih dan jernih yang mengalir di atas permukaan batu ampar. Air itu mengikuti sela-sela dan patahan batu yang lebih rendah. Batu yang lebarnya mencapai 15 hingga 20 meter membentang sepanjang 300 meter tanpa putus mengikuti kontur tanah. Arus itu membentuk aliran-aliran air terjun kecil.

Dikisahkan dalam laman Tribun Jabar, puluhan tahun sudah warga mengenal tempat bernama Batu Ampar tersebut dari cerita sejarah nenek moyang mereka. Namun wujud batu yang membentang baru tampak pada Maret 2016, pascabanjir bandang yang menerjang wilayah tersebut.

batu ampar
Batu Ampar di Lembang. Foto Tribun Jabar

Hamparan batu yang sangat luas dan panjang tersebut tersibak setelah terkena sapuan air bah yang menerjang dari atas bukit tunggul. Selama ini hamparan batu ampar tertutup tanah dan semak belukar sehingga nyaris menutup aliran sungai. Kemudian warga mulai membenahi batu sehingga tampak bentangan batu hingga 300 meter.

Batu Ampar Masih Asri

Ampar sendiri adalah hampar dalam Bahasa Sunda dan kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata di Lembang yang masih asri karena belum  banyak yang berkunjung ke sana.

Disebutkan dalam laman Tribun Jabar, kini warga kerap dibuat penasaran akan keberadaan batu tersebut, sehingga setiap minggu banyak warga yang berkunjung demi memenuhi rasa penasaran mereka. Tidak hanya warga setempat, para pecinta alam pun kerap mengunjungi tempat tersebut.

Batu ampar berjarak sekitar 1,5 km dari permukiman warga, atau sekitar 10 km dari alun-alun Lembang arah Maribaya dan objek wisata The Lodge. Batu ampar hanya dapat diakses menggunakan sepeda motor offroad (trail) saja dengan waktu tempuh hanya 30 menit. Tempat ini juga bisa diakses dengan cara berjalan kaki (hiking) dengan waktu tempuh hanya 45 menit saja dari pemukiman warga.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.