Batik Hasan Memproduksi dan Menjual Batik Khas Bandung

BANDUNG juga mempunyai rumah industri produksi dan penjualan batik. Namanya Hasan Batik. Lokasinya berada di Jalan Cigadung Raya Timur. Pendirinya adalah Hasanudin (almarhum) pada 1975. Kini Batik Hasan Bandung di kelola oleh kelima putra putrinya. Perusahaan keluarga ini berada di bawah bendera CV Hasan Indonesia.

Batik yang tersedia di sini adalah batik tulis, batik cap dan batik kombinasi. Batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting untuk membentuk motif yang diinginkan. Adapun batik cap menggunakan cap berbahan tembaga. Batik kombinasi merupakan kombinasi antara cap dan canting.

Hasan Batik
Membatik di Hasan Batik. | Foto hasanbatikbandung.blogspot.co.id

Hasan Batik memiliki ragam hias yang mereka ciptakan yakni batik tambal (patch-work-batik) dengan efek 3 dimensi yang menggunakan proses cap, canting, colet dan celup.

Menurut laman mereka, desain Hasan Batik mengekploitasi ragam hias, baik ragam hias tradisional Indonesia (kawung, lereng, ceplok, dll); ragam hias geometris (titik, kotak, garis, dll); serta kombinasi antara ragam hias tradisional dan ragam hias geometris.

Hasan Batik dalam lamannya juga menyebut mengusung desain elegan yang memiliki ciri khas batik tambalnya dan warna pastel. Selain itu, desain Hasan Batik turut mengikuti keinginan konsumen, dan untuk itu pata desainernya siap melayani keinginan para konsumennya.

Hasan Batik memulai pengembangan usahanya pada 1978, dan mengalami masa kejayaan hingga tahun 1997. Selain memproduksi kain batik dan baju juga membuat keperluan interior seperti tirai, seprai, sarung bantal, tatakan dan tutup gelas.
Studio Hasan Batik buka mulai pukul 08.00 hingha 16.00 WIB. Adapun waktu istirahat mulai pukul 12.00 hingga 13.00 WIB.

Toko Batik Selain Batik Hasan

Selain Hasan Batik juga di Bandung juga ada toko batik yang tersebar di beberapa tempat. Di Jalan Tamblong ada tiga toko berderet yakni batik center PD Manonjaya, kemudian Toko Batik Kristin, dan Batik Solo.

Selain di Jalan Tamblong, toko batik juga ada di kawasan lain. Toko batik yang khusus menjual batik keris terdapat di mal Paris Van Java (Ground Floor, GB-09), dan di Trans Studio Mall (Lt.1 Unit A170, A172, A176, A178) Jalan Gatot Subroto 289.

Kemudian Batik Danar Hadi yang berada di Jalan LLRE Martadinata No. 60. Ada juga Batik Komar yang beralamat di Jl. Cibeunying Permai V No.25. Batik juga dijual di Jabar Craft Center (JCC) Dekranasda Jawa Barat beralamat di Jalan Ir H Djuanda No.19.

Butik lain yang menjual batik di Bandung adalah di Woderful yang beralamat di Jalan Cigadung Selatan I No. 2. *

Sumber: http://hasanbatikbdg.com/home

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.