Bandung Planning Gallery, Tempat untuk Mengetahui Kota Bandung

Bandung memiliki wisata edukasi baru. Namanya Bandung Planning Gallery. Lokasinya berada di Jalan Aceh Nomor 51, dekat Taman Sejarah yang terlebih dahulu diresmikan. Bandung Planning Gallery menempati gedung bekas kantor DPRD Kota Bandung. Kantor DPRD Kota Bandung sendiri pindah ke Jalan Sukabumi.

Bandung Planning Gallery merupakan miniatur pembangunan Kota Bandung yang sudah jadi dan sedang proses. Di sana juga, pengunjung bisa mengetahui kebijakan pemerintah melalui pemutaran video lewat layar LCD. Pengunjung bisa merasakan virtual reality menggunakan LRT, video mapping, dan augmented reality.

Dalam Instagram, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, mengatakan, Bandung Planning Gallery merupakan tempat bagi warga yang ingin melihat pembangunan Kota Bandung pada masa lalu dan rencanan-rencana pada masa depan. Selain itu, katanya, semua calon proyek-proyek swasta besar baru yang sedang proses IMB akan dipampang supaya lebih transparan dan bisa dikomentari warga.

wisata edukasi
Maket kota bandung di Bandung Planning Gallery. | Foto serbabandung.com

“Semua proyek yang sedang proses perijinan juga akan dipasang untuk dikomentari warga. Sebagai bagian dari budaya transparansi pembangunan,” kata Ridwan Kamil di Instagram yang diunggah Selasa (25/7/2017).

Masuk ke Bandung Planning Gallery Gratis

Dalam postingan tersebut Emil, panggilan Ridwan Kamil, menyertakan video pendek dan beberapa foto tentang Bandung Planning Gallery.

“Planning Gallery atau Galeri Pembangunan Kota sudah siap. Selasa minggu (1 Agustus 2017) depan akan dibuka untuk umum. Sejarah pembangunan masa lalu ditampilkan. Kondisi pembangunan masa kini dihadirkan. Dan visi masa depan pembangunan Bandung dipamerkan,” katanya masih dalam postingan-nya di Instagram.

Emil juga mengatakan Bandung Planning Gallery merupakan Planning Gallery tercanggih yang ada di Indonesia. Untuk mengunjungi wisata edukasi tersebut, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Meski belum dibuka, Selasa (25/7/2017), warga sudah diperkenankan berkunjung ke sana. Tempat wisata edukasi ini buka pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. “Ayo ajak anak-anak dan keluarga ke wisata edukasi ini. Semoga Bermanfaat.” tambah Emil masih di akun Instagramnya.

Dekat Bandung Planning Gallery ada Taman Sejarah yang luasnya mencapai 2.000 meter persegi. Di sana terdapat kolam berair jernih. Kolam ini yang tidak dalam ini diperuntukkan buat merendam kaki. Namun, anak-anak memanfaatkan kolam tersebut untuk berenang. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.