BMC Bandung Menawarkan Menu Yoghurt Menyegarkan

KALAU ingin produk susu yang lezat jangan lupa datang ke Bandoengsche Melk Centrale atau BMC Bandung. Alamatnya di  Jalan Aceh No. 30. Tidak jauh dari Balai Kota. Sedangkan dari BIP tinggal nyebrang dan berjalan sedikit. Tidak perlu mengeluarkan energi terlalu banyak.

Kalau dari arah Jalan Braga pakai kendaraan sebetulnya bisa lurus. Tapi karena satu arah, maka harus berbelok dulu, kemudian ke Viaduct. Berbelok lagi ke kanan di Jalan Wastukencana. Persis di depan Masjid Agung Al Ukhuwah tinggal belok kiri. BMC Bandung persis berada di belakang masjid itu.

Bagi penggemar yoghurt di sini tempat yang tepat. BMC Bandung menawarkan menu yoghurt coctail, dan yoghurt shake. Ada juga menu milk shake,  susu murni maupun susu dengan berbagai rasa seperti cokelat atau stroberi.

bmc bandung
Bandoengsche Melk Centrale Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Jangan lupa juga mencicipi ice cream khas BMC Bandung seperti ice cream tart mini tiramisu, ice cream tart mini black forest, ice cream yoghurt stick. Minuman lain di sini yang juga nikmat adalah Shalimar.

Selain produk berbahan susu, BMC juga menyajikan hidangan seperti sop buntut goreng. Sop  buntut sapi goreng di sini kuahnya terpisah. Hidangan lainnya yang tersedia di BMC adalah nasi timbel, nasi uduk, nasi bakar, nasi pepes, nasi goreng, gulai, dan  gado-gado. Makanan Eropa juga tersedia di sini.

Bangunan bangunan tua jaman Belanda bisa membuat lebih betah.  Di dinding ruangan BMC, terpasang foto-foto kota Bandung jaman dulu seperti Jalan Braga tempo dulu. BMC berdiri pada akhir tahun 1928, dan bangunan intinya tidak berubah sampai sekarang.

Menurut laman bmc-bandung.com, BMC adalah koperasi susu pertama yang menerapkan manajemen modern dan peralatan pabrik pengolahan susu berteknologi tinggi pada zaman Hinda-Belanda.  BMC juga  adalah satu-satunya koperasi pusat pengolahan susu dan termodern saat itu, karena sudah melakukan pengolahan susu dengan sistem pasteurisasi.

Di Wikipedia disebutkan Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir. Proses ini diberi nama atas penemunya Louis Pasteur seorang ilmuwan Prancis. Tes pasteurisasi pertama diselesaikan oleh Pasteur dan Claude Bernard pada 20 April 1862.

Pengelolaan BMC dipegang PT Agronesia yang didirikan pada  17 Juni 2002 melalui SK Menteri Kehakiman RI no. Y.A 7/6/25 Tgl 22-3-1982 juncto No. C.87-HT.03.01 Th 1990 Tgl 8-10-1990 serta Akta Notaris Popy Kuntari Sutresna, SH,M Hum no.8 Thn 2002. *

Menu yang Tersedia di BMC Bandung

Yoghurt coctail
Yoghurt shake
Milk shake
Susu murni
Susu kaya rasa
Ice cream tart mini tiramisu
ice cream tart mini black forest
ice cream yoghurt stick
Shalimar.
Sop buntut goreng
Sop buntut sapi goreng
Nasi timbel
Nasi uduk
Nasi bakar
Nasi pepes
Nasi goreng
Gulai
Gado-gado

Sumber: http://bmc-bandung.com/, http://kumpulan.info/

https://youtu.be/6gzvh_t5dA0