Angkot Abdul Muis Dago Melewati Beberapa Tempat Penting

INI adalah salah satu jalur angkot favorit di Kota Bandung. Ya, jalur angkot Abdul Muis Dago ini sering digunakan anak muda Bandung untuk bepergian ke Dago, atau mahasiswa yang hendak ke Kampus ITB.

Warna angkotnya hijau oranye. Rute awal angkot ini dimulai dari Abdul Muis (Kebon Kelapa) ke Jalan Dewi Sartika dan belok ke Jalan Balong Gede untuk selanjutnya ke Jalang Pungkur.

Dari Jalan Pungkur, angkot tersebut belok kiri ke Jalan Karapitan. Di jalan ini ada beberapa tempat penting. Bagi yang akan ke Universitas Langlang Buana sebaiknya turun di sini. Di sebrang Jalan Cikawao ada beberapa toko ikan hias dan gerai barang bekas.

Angkot Abdul Muis Dago
Angkot jurusan Abdul Muis Dago juga lewat Simpang Lima. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Angkot abdul Muis Dago  berlanjut ke simpang lima. Di sini perjalanan agak tersendat karena lampu merahnya agak lama. Penumpang juga bisa turun di sini jika ingin ke Jalan Asia Afrika atau ke Gedung Merdeka, tapi dari sini ke Gedung Merdeka jaraknya agak jauh.

Dari simpang lima, angkot lurus ke Jalan Sunda. Beberapa angkot jalur lain pun ada yang melewati jalan ini seperti angkot ke Ledeng, angkot jalur Gedebage-St Hall, dan angkot lainnya. Penumpang bisa turun dan naik angkot jalur yang dituju.

Bagi yang hendak ke Pasar Kosambi, penumpang bisa turun di Jalan Sunda, tepat di mulut Jalan Baranangsiang. Dari penumpang bisa berjalan kaki menyusuri jalan tersebut. Di sekitar ini pun ada Jalan Panaitan. Di Jalan Panaitan ini ada ayam bakar yang terkenal di kota Bandung.

Angkot ini berlanjut ke Jalan Sumbawa, Jalan Belitung, Jalan Sumatera, Jalan Aceh, Jalan Sulawesi, Jalan Seram, lalu masuk ke Jalan RE Martadinata (Riau) arah Jalan Merdeka. Penumpang bisa turun di sini jika ingin ke Jalan Riau. Jalan ini merupakan surga bagi yang senang berbelanja. Di sini terdapat factory outlet ternama yang menawarkan berbagai produk dengan harga relatif terjangkau.

Sebelum ke simpang empat Jalan Riau, Jalan Merdak, Jalan Ir Juanda, penumpang yang mau ke Bandung Indah Plaza (BIP) sebaiknya turun di sini. BIP tidak jauh dari kawasan tersebut. Angkot ini tidak belok ke Jalan Merdeka tempat BIP berada melainkan belok ke Jalan Ir Juanda.

Angkot Abdul Muis Dago ini akan menelusuri jalan yang kerap disebut kawasan Dago. Rumah Sakit Boromeus berada di jalan ini. Kemudian angkot ini pun melewati mulut Jalan Ganeca, tempat Kampus ITB. Angkot akan terus melewati simpang Dago hingga akhirnya ke Terminal Dago. *

Rute Angkot Abdul Muis Dago

Terminal Kebon Kelapa – Jl. Dewi Sartika – Jl. Kautamaan Istri – Jl. Balong Gede – Jl. Pungkur – Jl. Karapitan – Jl. Sunda – Jl. Sumbawa – Jl. Belitung – Jl. Sumatera – Jl. Aceh – Jl. Sulawesi – Jl. Seram – Jl. RE Martadinata (Riau) – Jl. Ir. H. Juanda (Dago) – RS. Boromeus (Dago) – ITB (Jl. Ganesha, Dago) – Simpang Dago – Terminal Dago.

Jalur sebaliknya

Terminal Dago – Jl. H. Juanda (Dago) – Simpang Dago – ITB (Jl. Ganesha, Dago) – RS. Boromeus (Dago) – Jl. Sultan Agung – Jl. Trunojoyo – Jl. RE. Martadinata – BIP (Jl. Merdeka Dago) – Jl. Aceh – Jl. Kalimantan – Jl. Belitung – Jl. Sumatera – Jl. Tamblong – Jl. Lengkong Besar – Jl. Ciateul – Jl. Dewi Sartika – Terminal Kebon Kelapa.

Tempat Penting yang Dilewati

  • Kampus Universitas Langlang Buana
  • SMAN 3 dan 5
  • SMPN 2 dan 5
  • Markas Kodam III/Siliwangi
  • RS. Boromeus
  • Simpang Dago
  • Jalan Ganeca
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.