Aneka Masakan Tahu yang Populer dan Lezat di Bandung

ANDA penggemar tahu? Jangan galau karena di Bandung banyak sekali aneka masakan tahu yang enak dan lezat. Sekarang menu tahu bukan lagi hanya tahu goreng, tetapi bermacam-macam. Coba saja ke restoran-restoran banyak sekali pilihan yang sayang untuk tidak dicoba.

Warung Talaga adalah kedai yang menjual aneka masakan tahu. Konsepnya adalah “Uniquely Tofu”. Di sini tersedia aneka makanan tahu, seperti tahu bodo yang super pedas, tahu gondrong, tahu kriuk, dan aneka masakan tahu lainnya. Warung Talaga berada di Paris Van Java, Glamour level D-12A dan Ciwalk Mall IB-07 LG.

Bahan aneka masakan tahu warung ini menggunakan Tahu Telaga Yun Sen. Tahu ini sudah terkenal di Bandung sejak 1938. Pabriknya berada di Jalan Sudirman 227. Pabrik ini didirikan oleh Liaw Pak Pin, dan kini pengelolaannya dilanjutkan oleh generasi ketiganya, A. Hendra Gunawan dan Vivi Liana.

Penggemar tahu bisa mencoba menu tahu khas Toko Yun Yi. Mereka ternyata tidak hanya memproduksi tahu kuning dan putih. Di toko Yun Yi konsumen bisa memilih aneka makanan tahu, seperti tahu sutra, tahu tawar, tahu air, dan tahu HAN’s. Selain itu ada juga olahan bahan baku kacang kedelai seperti susu sari kedelai, kulit tahu, pucuk tahu, dan batagor siomay tahu Yun Yi.

aneka masakan tahu kupat tahu gempol
Kupat Tahu Gemol di Jalan Gempol Kulon, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Tahu Yun Yi berada di Jalan Sudirman No. 229. Tidak jauh dari perempatan Astanaanyar, Gardujati, dan Sudirman. Tahu ini tidak hanya bisa diperoleh di Jalan Sudirman saja, tapi di pasar-pasar pun banyak pedagang yang menjajakannya. Bahkan di pasar-pasar modern pun sudah mudah diperoleh.

Tahu SB di Jalan Astana Anyar No 82 memiliki ciri khas tersendiri. Rasanya pun tak kalah lezat dengan tahu-tahu yang ada di kota ini. Tahu yang paling dikenal di sini namanya sangat unik, yakni tahu mongol. Tahu ini tidak ada hubungannya dengan suku Mongol di Mongolia, tapi yang pasti rasanya sangat lezat. Tekstur kulitnya renyah dan dagingnya sangat lembut.

Tahu lainnya yang tak kalah lezat adalah tahu sapi lada hitam. Tahu di dalamnya berisi daging dapi dan sayuran. Kemudian tahu ayam jamur, tahu tepung yang berisi jamur dan ayam. Ada juga tahu berisi sayuran seperti wortel, buncis, dan kol.

Aneka Masakan Tahu di Tahu SB

Di Tahu SB pun ada tahu biasa yang tentu saja rasanya lezat, teksturnya lembut dan padat sehingga mengenyangkan. Varian tahu lainnya adalah tahu isi sosis, isi baso dan tahu isi keju. Ada juga susu kedelai dengan beragam rasa yang segar.

Tahu gejrot jangan terlupakan. Makanan khas Cirebon ini telah menyebar di Bandung. Mereka biasanya mangkal di pingigir-pinggir jalan. Sebelum kawasan Gedung Merdeka direvitalisasi, para pedagang makanan khas Cirebon ini sering menjajakan dagangannya di tepi Sungai Cikapundung di sebrang jalan samping Gedung Merdeka. Setiap Mingu di Car Free Day Dago mereka juga memanfaatkan momen tersebut untuk mejaring pembeli.

Sekarang makanan yang berbahan tahu ini sudah banyak yang menjualnya di kedai kaki lima, di pujasera, atau food cort. Seperti di Paskal Foodmarket di Jalan Pasir Kaliki. Di sana ada kedai yang menjual makanan ini.

Kupat tahu Mangunreja yang populer adalah Kupat Tahu Gempol. Penjualnya satu di antaranya berada di Pasar Gempol. Deni, warga Sekelimus, Bandung, juga menjual makanan khas Mangunreja tersebut. Dia berjualan di Jalan Sekelimus Utara, dekat rel kereta api yang sudah tidak terpakai. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.