Wisata di Ciwidey Punceling Sering Terlewat Wisatawan

Wisata di Ciwidey tak hanya Situ Patenggang atau Kawah Putih. Sebelum menemui lokasi kedua tempat tersebut sebetulnya ada tempat wisata yang juga tak kalah indah pesona alamnya. Namanya Punceling. Pemandiann air panas  yang terbuka dan trek menantang di lereng Gunung Patuha membuat objek ini wajib dikunjungi. Di sini juga kerap digunakan untuk berkemping.

Punceling yang berada di Lebakmuncang, Ciwidey ini, meramaikan wisata di Ciwidey sejak dibuka secara resmi pada 1992. Seperti kebanyakan tenmpat wisata di sana, Punceling juga dikelola oleh Perhutani. Di tempat wisata ini terdapat bangunan permanen yang memiliki fasilitas  tiga kamar air panas. Kamar mandi ini menjadikan pengunjung privasinya lebih terjaga tidak terganggu oleh  keramaian di kolam terbuka.

Wisata di Ciwidey ini lokasinya tersembunyi.  Pintu masuk Punceling  berada sebelum Kawah Putih. Gerbang ke tempat wisata ini sering terlewati. Gerbang menuju lokasi berada di tikungungan menanjak dan menjorok ke dalam. Orang yang berwista ke Ciwidey lebih banyak melewatkannya dan langsung menuju ke atas ke Rancaupas, Kawah Putih, atau ke Situ patenggang.

Wisata di Ciwidey
Punceling, tempat wisata di Ciwidey. | Foto sebandung

Untuk menuju ke tempat wisata tersebut, pengunjung harus melalu jalanan kira-kira 2 km. Jalannya belum beraspal dan ada bagian-bagian yang berbatu. Mulai masuk dari Jalan Raya Ciwidey -Bandung, suasana huutan mulai terasa di tempat ini. Tidak ada jalan berbelok, kendaraan hanya lurus saja menuju lokasi lapangan parkir.

Suasana di jalan benar-benar terasa di hutan, di sana terlihat pepohonan besar yang rapat. Di sisi kanan tebing, dan di sisi kiri jalan lembah dengan pemandangan hijau yang memesona.  Di jalan pengunjung bisa melihat kolam air panas yang memang lokasinya berada sebelum di lapangan parkir.

Kolam Air Panas Punceling, Wisata di  Ciwidey

Untuk mencapai kolam, pengunjung harus melalui beberapa undakan anak tangga. Pengunjung bisa berendam di kolam air panas  yang berada di tengah hutan yang sepi. Wisata Ciwidey ini memang menawarkan wisata alam hutan yang menawan di kawasan kaki Gunung Patuha. Penunjung bisa melepas lelah karena jaraknya sangat jauh dari keramaian.

Dekat kolam air panas ada sungai yang mengalir, Airnya juga panas. Bahkan berenang di sini pun tidak berbahaya.  Pengunjung bisa bermain air di sana di tengah-tengah alam terbuka yang jarang bisa didapatkana masyarakat kota. Kesejukan udara di sini sangat mendukung pengunjung saat menikmati kehangatan air sungat tersebut.

Punceling  memiliki luas tiga hektare, berupa hutan alam dan hutan  Eucalypus.  Letaknya tidak jauh dari Kawah Putih. Perkebunan Teh Patuha bisa ditempuh   dengan jalan kaki selama kurang lebih satu jam dari Kawah Putih.  Wisata Punceling  berada di ketinggian 170m dpi, tempatnya  berbukit sampai bergunung. Curah hujan 4.000 mm/tahun, dengan suhu udara berkisar 20-40o derjat celsius. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.