Wisata Camping di Bandung yang Banyak Dikunjungi

TEMPAT wisata camping di Bandung banyak pilihannya. Tak hanya di hutan, di tengah kota pun ada tempat yang bisa dijadikan tempat kemping, yakni di Taman Pramuka. Taman ini sering digunakan oleh anggota pramuka. Di lapangan yang mengelilingi bangunan zaman Belanda, persami atau perkemahan Sabtu-Minggu sering digelar.

Bagaimana dengan wisata camping di Bandung yang di hutan? Banyak sekali pilihannya. Yang pertama adala Ranca Upas. Camping Ground di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM. 11, Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Ranca Upas merupakan bumi perkemahan yang memiliki luas sekitar 215 hektare. Berada pada 1700 meter di atas permukaan laut. Suhu udaranya lumayan dingin bisa mencapai sekitar 17°C – 20°C.

Area kemping di Ranca Upas dikelilingi hutan lindung yang di dalamnya terdapat beragam flora seperti pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Adapun fauna yang hidup di hutan itu terdapat beragam jenis burung dan beberala satwa jinak seperti rusa.

wisata camping di Bandung Batu Kuda
Wisata Batu Kuda di Lereng Gunung Manglayang, Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. | Foto rajakamar.com

Wisata camping di Bandung di kawasan Banjaran-Pangalengan adalah Gunung Puntang. Bumi perkemahan ini berada di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Jalan Gunung Puntang tidak jauh dari Banjaran. Jalan ini berada di sebelah kiri dari arah Banjaran jika mau ke Pangalengan.

Alam dan udara pegunungan memang menjadi daya tarik bumi perkemahan ini. Suara gemericik air sungai yang masih jernih semakin membuat kerasan bagi yang hobi berwisata alam. Lahan perkemahan yang luas yang di sekitarnya tumbuhan hutan seperti pohon pinus pun menjadi pesona tersendiri. Dengarkan juga gesekan daun-daun ketika angin bertiup kencang, benar-benar membuat suasana hutan semakin terasa.

Wisata Camping di Bandung di Oray Tapa

Oray Tapa adalah wisata camping di Bandung yang juga sudah lama menjadi tempat favorit yang hobi berkemping. Bumi perkemahan ini berada di kawasan Cimenyan dan memiliki luas 5 hektare. Di sekeliling area perkemahan dipenuhi pepohonan besar seperti pinus dan cemara. Keunikan Oray Tapa adalah mata air yang muncul saat musim kemarau saja. Mata air itu ditemukan pada 1997.

Di Bandung Timur, ada Batu Kuda. Kawasan di lereng Gunung Manglayang ini sering digunakan untuk kemping. Kawasan hutan pinus ini berada di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Luasnya mencapai 20 Hektare. Selain kemping Di sini wisatawan bisa menikmati udara pegunungan sambil hiking. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.