Wisata Alam di Bandung yang Dekat dengan Pusat Kota

WISATA alam di Bandung banyak ragamnya. Bahkan sebetulnya tidak perlu jauh-jauh meninggalkan Kota Bandung karena di sini pun terdapat tempat wisata alam yang menjanjikan. Sebut saja Kebun Binatang Bandung yang masih tumbuh pepohonan besar atau ke hutan kota di Babakan Siliwangi. Taman yang semakin semarak pun bisa didatangi sambil menikmati indahnya bunga-bunga di sana.

Kebun binatang Bandung adalah wisata alam yang berada di Jalan Tamansari. Tempat wisata ini menempati 14 hektare. Kawasannya masih rindang meski di kelilingi gedung-gedung di sekitarnya. Kebun bintang masih banyak pengunjung terutama pada Sabtu, Minggu, dan hari libur. Untuk masuk ke Kebun Binatang harus membayar tiket yang harganya Rp. 20.000 per orang.

Tak jauh dari kebun binatang terdapat wisata alam lainnya. Namanya Babakan Siliwangi. Kawasan ini telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menjadi hutan kota pada 27 September 2011. Babakan Siliwangi yang terletak di Jalan Siliwangi ini dulunya merupakan kawasan lembah yang dibentuk Sungai Cikapundung sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Pada zaman penjajahan Belanda, kawasan ini dikenal sebagai kawasan sabuk hijau bernama Lebak Gede.

wisata alam taman teras cikapundung
Taman Teras Cikapundung di Jalan SIliwangi Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Kalau ini adalah taman yang direvitalisasi. Namanya Taman Balai Kota. Taman ini bisa dikategorikan wisata alam karena menawarkan keindahan tanaman di sekeliling taman tersebut. Taman ini adalah taman tertua di Kota Bandung. Dibangun pada 1885 dengan nama Pieter Sijthoffpark atau Pieterspark. Namun Orang Bandung lebih senang menyebutnya Kebon (Kebun) Raja.

Taman yang bisa dikategorikan wisata alama adalah Taman Sungai Cikapayang. Taman ini dekat Taman Dewi Sartika, di tepi Jalan Merdeka. Tak jauh dari Kompleks Kantor Pemerintahan Kota Bandung, atau biasa disebut Balai Kota. Ruang publik ini luasnya mencapai 200 meter persegi. Di ruang publik ini terdapat taman bunga, kursi duduk, dan aksesori batu-batuan cocok untuk berselfie ria.

Wisata Alam Berupa Taman

Untuk akses ke taman tersedia jembatan. Dilengkapi juga trotoar batu berpola, andesit dan jalur khusus untuk penyandang disabilitas. Air yang mengalir di Sungai Cikapayang yang biasanya kotor kini jernih karena airnya sebelum masuk ke sini difilter dulu di Jalan Aceh. Filternya menggunakan mesin pengolah air single chemical.

Wisata alam lainnya adalah Taman Teras Cikapundung. Lokasinya berada di Jalan Siliwangi. Taman ini tampak cantik pada malam hari. Lampu-lampu menghiasi dan menerangi area taman. Dancing water siap  menyemprot berwarna-warni dan kolam ikan yang dipercantik lampu berwarna.

Di Jalan Peta No 229 ada Peta Park. Di sini pengunjung bisa melihat-lihat tumbuhan dan bunga. Taman ini cocok untuk melepas penat. Selain tanaman di Peta Park, ada sungai air terjun buatan yang tingginya sekitar 2 meteran. Pengunjung harus bayar Rp 10.000 untuk menikmati taman tersebut. Peta Park tidak jauh dari Mall Festival Citylink dan Pasar Burung Sukahaji. Taman ini berada di antara perempatan Jalan Kopo dan perempatan Jalan Terusan Pasirkoja-Jalan Jamika. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.