Vaksin Meningitis Bagi Jemaah Haji dan Umrah Bisa Diperoleh di KPP

Jemaah calon umrah atau haji harus melakukan suntik vaksin meningitis sebelum berangkat ke Arab Saudi. Vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penularan penyakit (radang otak) antarjemaah. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan vaksinasi itu karena negara tersebut merupakan salah satu endemik penyebaran virus penyebab penyakit meningitis.

Setiap jemaah atau yang akan berkunjung ke Arab Saudi harus memiliki sertifikat vaksinasi meningitis atau ICV (International Certificate of Vaccination). Setifikat ini merupakan syarat untuk memperoleh visa bagi yang akan berkunjung ke sana termasuk jemaah calon haji atau umrah.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan ICV di Bandung? Jemaah calon haji atau umrah harus datang ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Di Bandung, kantor ini berada di Jalan Cikapayang No.5, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Lokasinya di bawah jalan layang Pasupati.

Kantor ini peresmiannya pada 13 Maret 2017. Gedung baru ini memiliki fasilitas yang lebih lengkap sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan optimal pada warga. Sebelumnya yang akan melakukan suntik vaksin meningitis harus ke Bandara Husein Sastranegara.

Suntik vaksin meningitis di KKP II Bandung
Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandung, Jalan Cikapayang Nomor 5, Kota Bandung.

Gedung tersebut dibangun pada 2016. Memiliki gedung dua lantai. Lantai satu merupakan ruang pendaftaran bisa jemaah calon haji atau umrah. Adapun lantai dua tempat pelayanan vaksinasi sekaligus tempat pembayaran.

Ada yang unik di gedung ini. Di lantai satu, pengunjung kantor ini, sambil menunggu panggilan bisa menyaksikan display yang sengaja dipasang untuk melengkapi meseum mini. Interiornya juga menarik. Di bagian dindingnya terdapat foto-foto yang tersusun rapi. Beberapa benda kuno seperti mesin tik, alat fogging, sepeda motor vespa, hingga pakaian dinas harian, juga ikut dipajang.

Lantai Dua Tempat Disuntik Vaksin Meningitis

Di lantai dua lebih menarik lagi. Kantor ini tidak seperti bangunan kantor biasanya. Interiornya dibuat menarik. Wallpaper di dindingnya menggambarkan kesibukan di bandara. Dominan kayu tanpa cat warna-warni menghiasi latar belakang tempat petugas melayani para calon yang akan disuntuk vaksinasi meningitis. Kursinya pun tidak biasa. Pengunjung bisa senderan nyaman di kursi tersebut sebelum nomor antreannya dipanggil oleh petugas.

KKP bertugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit, penyakit potensial wabah, surveilans epidemilogi, kekarantinaan, pengendalian dampak kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan, pengawasan obat, makanan, kosmetika, alat kesehatan, dan bahan adiktif (OMKABA).

KPP juga memiliki tugas mengamankan penyakit baru dan penyakit yang muncul kembali, bioterisme, unsur biologi, kimia, dan pengamanan radiasi di wilayah kerja bandara, pelabuhan, dan lintas darat negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.