Toserba Yogya Berawal dari Toko Batik

MUNGKIN ada pertanyaan mengapa toko serba ada (toserba) Yogya justru berdiri di Kota Bandung. Di Yogya sendiri toserba ini tidak ada satupun yang berdiri di sana. Toserba Yogya  hanya berdiri di Wilayah Jawa Barat, seperti di Bandung, Cimahi, Sumedang, dan Cirebon.

Mengapa Toserba Yogya? Awal berdirinya toserba ini adalah toko batik  di Jl. Ahmad Yani, Kosambi, Bandung. Toko tersebut dikelola Gondosasmito bersama keluarga. Toko yang bernama Djokdja ini memiliki luas sekitar 100 m2 dan karyawan berjumlah 8 orang.

Pada  1972 pengelolaan toko diserahkan kepada Boedi Siswanto dan Tina Handayani.  Toko batik pun berubah menjadi toko kelontong. Nama Djokdja tetap dipertahankan, namun penulisannya menjadi Yogya. Merek itu hingga kini tidak berubah.

Pada  28 Oktober 1982, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda,  Yogya mulai melebarkan sayap. Mereka membuka cabang yang pertama tak jauh dari toko pertama yakni di Jalan Sunda 60. Toko itu memiliki  luas 200 m2 dengan 40 orang karyawan.

Mukai saat itulah tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai hari lahir Yogya. Yogya terus berkembang. Yogya pun berubah menjadi Yogya Group  yang merupakan perusahaan ritel dengan format Supermaket dan Departement Store.

Gerai Toserba Yogya Bermunculan di Kota Bandung

Gerai Yogya mulai bermunculan di Kota Bandung, dan Jawa Barat yang menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup. Lebih dari 200 produk dengan harga bersaing.

Yogya kemudian membuka jaringan dengan beberapa nama merek baru, yakni Toserba Griya,  Griyamart, Griyatron, Yomart, bread.co, Magic Oven, Magic Pizza, dan Yogya Xpress.

Berikut lokasi  Yogya di Kota Bandung:  Yogya Sunda 60, Grand Yogya Kepatihan, Yogya Riau Junction,  Yogya Cihampelas Walk,  Yogya Kiaracondong,  Yogya Kopo Mas,  Yogya Kopo Permai,  Yogya Kosambi,  Yogya Lucky Square, Toserba Yogya Setrasari, Toserba Yogya Sukajadi, Yogya Supermarket Merdeka, Yogya Supermarket Pajajaran,  Toserba Yogya Junction 8 Setiabudhi

Berikut lokasi jaringan Toserba Yogya di Kota Bandung: Toserba Griya Pasteur, Toserba Griya Buahbatu  Toserba Griya Pahlawan, Toserba Griya Dinasti, Toserba Griya Setiabudhi, Toserba Griya Hemat Soekarno Hatta, Toserba Griya MargahayuToserba Griya Cinunuk, Toserba Griya Lembang, Toserba Griya Antapani, Toserba Griya Arcamanik, Toserba Griya Ujungberung,

Toserba Griya Rancabolang, Griyamart Sudirman, Griyamart Bandung Trade Center, Griyamart Cibaduyut, Griyamart Cicaheum, Griyatronik Lucky Square, Griyatronik Pahlawan, Yogya Xpress Ciwalk, Yogya Xpress Lucky Square, Magic Oven Riau Junction, Magic Pizza Riau Junction, Bread.Co Riau Junction. *

Sumber: toserbayogya.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!