Toko Populair di Jalan Braga Pernah Dikunjungi Tintin

PENGGEMAR komik Tintin karya Herge dari Belgia pasti sudah tahu kalau dalam sebuah cerita komik tersebut terdapat sebuah toko yang sudah fimiliar bagi warga Bandung. Tintin yang seorang wartawan dan tokoh lainnya bernama Prof Calculus sempat mampir ke toko ini. Nama toko itu Toko Populair.

Dalam komik tersebut gambar toko ini persis yang seperti terlihat sekarang. Toko itu bercat putih. Yang berbeda hanya warna kosennya saja yang digambarkan berwarna hitam. Adapun sekarang, kosen dan jendela toko itu berwarna hijau. Tulisannya juga sama, yakni “Toko Populair Telp 4694″.

Toko Populair di Jalan Braga , Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Toko Populair di Jalan Braga , Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Toko Populair berada di Jalan Braga 45. Bangunan ini termasuk dalam bangunan cagar budaya berdasarkan hasil inventarisasai paguyuban pelestarian budaya Bandung pada 1997. Toko Populair dibangun pada 1951. Namun hingga kini masih belum diketahui arsiteknya.

Toko yang pernah menjadi distro ini berada di sisi timur deretan pertokoan di Jalan Braga. Bangunan yang menghadap ke barat ini menurut laman kebudayaan.kemdikbud.go.id bergaya art deco seperti kebanyakan bangunan lama yang ada di kawasan tersebut.

Di dinding depan bagian atas bangunan itu terdapat tulisan Koffiehui IJS & Snoep. Jendelanya terbuat dari kaca patri bermotif flora. Di atap bangunan itu terdapat ventilasi berbentuk jendela krepyak.

Bangunan ini sebetulnya telah mengalami perubahan di bagian belakangnya. Namun, menurut laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, bangunan bertingkat itu masih selaras dengan bentuk bangunan lama.

Toko Populair sekarang menjadi bangunan kosong. Jendelanya tertutup triplek dan digunakan oleh penjual lukisan untuk memajang lukisannya. Toko ini telah lama tidak digunakan sejak 1970-an. Kemudian pada 2009 toko ini pernah menjadi Distro.

Pada 2011 toko ini menjadi restoran Kopitiam Oey milik Bondan Winarno. Namun restoran ini telah tutup. Kalau dilihat ke dalam melalui celah-celah pintu masih ada sisa bahwa di sana pernah bediri sebuah restoran, seperti sebuah becak yang masih berada di tengah-tengan restoran itu. *

Toko Populair

Jl. Braga No. 45
Bandung, Jawa Barat 40111
Indonesia

Bahan tulisan: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbserang/2014/02/25/braga-salah-satu-identitas-bandung-2/
http://travelawan.com/forum/kuliner-bandung-bersantap-di-kopitiam-oey-toko-populair-braga.html

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.