Teras Cikapundung, Tempat Wisata Baru di Bandung

TAMAN ini merupakan satu di antara dua taman baru di Kota Bandung. Taman ini sering disebut Amphitheater Cikapundung atau Teras Cikapundung. Lokasinya berada di Jalan Siliwangi. Taman ini tampak cantik pada malam hari. Lampu-lampu menghiasi dan menerangi area taman.

Proyek garapan pemerintah pusat Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum ini memberikan suguhan yang bisa dinikmati seperti dancing water yang menyemprot berwarna-warni. Di sini juga terdapat kolam ikan yang dipercantik lampu berwarna.

Jembatan berwarna merah tampak membentang di area tersebut. Ukurannya  tidak terlalu panjang. Jembatan ini merupakan tempat favorit warga yang berkunjung ke sana untuk berfoto.

taman teras cikapundung
Taman Teras Cikapundung di Jalan SIliwangi Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Seperti taman-taman lainnya di Bandung, taman ini pun menjadi incaran yang hobi berselfie. Ketika Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) berkunjung ke sana pada malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2015), banyak warga yang menghabiskan waktu menunggu pukul 00.00.

Peresmiannya sebetulnya akan dilangsungkan beberapa pekan ke depan oleh pemerintah pusat. Namun mulai kemarin merupakan kali pertama taman ini bisa dikunjungi warga. Selanjutnya waega bisa menikmati fasilitas yang ada terasebut.

“Kami membuka pertama kali untuk warga Bandung, namanya teras Cikapundung, revitalisasi tepian sungai Cikapundung, yang dulu tidak pernah dikunjungi karena daerah gelap, sekarang sudah bagus dan bisa dinikmati warga,” ujar Emil seperti dikutip Tribun Jabar.

Lokasi Teras Cikapundung tak jauh dari jembatan yang membentang di sana. Sebelumnya lahan ini merupakan pepohonan yang rimbun, dan perumahan warga. Proyek ini harusnya selesai pada 2014, namun karena terkendala proses pemindahan warga dari sana akhirnya mundur. Warga di bantaran sungai ini sudah direlokasi ke Rusun di Sadangserang.

Revitalisasi sungai ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar. Emil berencana akan merevitalisasi sungai-sungai lainnya. Yang sudah dilakukan oleh wali kota yang juga arsitek ini selain merevitalisasi Sungai Cikapundung, juga Sungai Cikapayang di dekat Kompleks Balai Kota. *

Fasilitas di Teras Cikapundung

  • Perahu karet
  • Jembatan
  • Kolam ikan
  • Dancing water
  • Kursi
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.