Tempat Rekreasi Menarik dan Gratis di Bandung

Di Bandung banyak tempat rekreasi gratis. Tak hanya taman yang tersebar di penjuru kota ini. Beberapa tempat dan museum pun ada yang tidak harus mengeluarkan uang untuk menikmatinya. Sebut saja wisata alam di Caringin Tilu (cartil), wisata alam Batu Templek, museum Pos, atau museum di monumen perjuangan.

Di Cartil, pelancong tanpa membayar tiket sepeser pun bisa menikmati pesona alam. Hamparan perbukitan dan hijaunya lembah bisa membuat betah pelancong untuk berlama-lama di sana. Keindahan Bandung bisa juga terlihat dari sini. Dari dataran tinggi Bandung Timur tersebut, Bandung saat malam bisa terlihat sangat jelas.

museum pos tempat rekreasi
Museum Pos di Jalan Cilaki Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Untuk ke Cartil bisa masuk dari Jalan Padasuka yang tidak jauh dari Terminal Cicaheum. Tempat rekreasi di sana, selain menawarkan keindahan alam, juga menawarkan kuliner yang dijual di kedai-kedai sepanjang jalan di kawasan Cimenyan, Bandung Timur ini.

Masih di kawasan Cimenyan, Bandung Timur, ada tempat rekreasi Batu Templek. Lokasinya berada di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan. Wisata alam ini merupakan hasil galian batu masyarakat setempat. Setelah digali lama, muncullah air dari atas tebing.

Untuk mencapai Batu Templek masuk ke Jalan Pasirimpun setelah Lapas Sukamiskin. Setelah berada di Jalan Pasirimpun, tinggal ikuti jalan hingga masuk ke wilayah Desa Cikadut. Dari kawasan Desa Cikadut bisa terus melaju. Dari Kantor Desa Cikadut menuju Batu Templek sekitar 15 menit.

Batu Templek masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sehingga fasilitas pun belum memadai. Tidak dipungut biaya untuk menikmati wisata alam ini. Hanya saja siapkan uang untuk parkir kendaraan sekitar Rp 3.000-5.000.

Tempat Rekreasi di Museum

Untuk tempat rekreasi pendidikan, di Bandung ada beberapa museum yang membebaskan pengunjung dari biaya masuk. Museum Pos yang masih di Kompleks Gedung Sate bisa menjadi pilihan. Museum Pos yang tepatnya berada di Jalan Cilaki menyimpan sejarah PT Pos, benda pos, kendaraan pos, dan lain sebagainya. Di sini jug terdapat koleksi perangko dari berbagai negara di seluruh dunia.

Meseum lainnya yang juga tidak memungut biaya masuk adalah Museum Perjuangan Rakyat Indonesia. Museum ini berada di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung. Bangunannya berada di bawah Monumen Perjuangan Rakyat Indonesia. Di sini diorama perjuangan pahlawan Jawa Barat tseperti perjuangan Dewi Sartika tertata secara rapi. Di sini pun terdapat seragam tentara jaman dulu. *

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.