Tempat Makan di Pangalengan yang Bisa Jadi Tempat Istirahat

Tempat makan di Pangalengan di sepanjang jalan yang berkelok dan curam tetap menjadi pilihan para pelancong yang hendak ke atau pulang dari Pangalengan. Ada beberapa tempat makan di Pangalengan yang berada di tepi jalan yang bisa dicoba menunya maupun suasana restoran tersebut.

Tempat makan di Pangalengan yang menonjol terlihat dari jalan salah satunya adalah Rumah Makan Punthil. Punthil Berada di ketinggian sekitar 1.000 MDPL, berlokasi di KM 32 jalan Raya Pangalengan Cihideung, Desa Tribaktimulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tempat makan di Pangalengan ini menawarkan berbagai menu khas Sunda dan Palembang. Restoran ini biasa menyajikan ikan cobek pedas, gurami, bakar ayam kampung asli, satai khas, dan pindang iga dan patin. Mereka juga menyediakan sayuran segar yang dipetik langsung dari kebun sendiri.

Jangan salah di tempat makan di Pangalengan ini tersedia menu khas Palembang pempek. Yang keranjingan bakso tersedia bakso urat dan mi ayam. Jus buah segar dan minuman hangat seperti bandrek juga tersedia di restoran ini.

Tempat Makan di Pangalengan yang Nyaman

Soal suasana, restoran ini menawarkan kenyamanan bernuansa alam bebas yang sejuk. Dari sini bisa terlihat panorama Soreang dan Cimahi. Tempat makan ini menghadap ke Gunung Tangkubanparahu Lembang. Pemandangan itu bisa dilihat dari lantai 3 restoran tersebut.

tempat makan di pangalengan
Rumah Makan Punthil di Jalan Raya Banjaran Pangalengan. | Foto serbabandung.com

Tempat makan di rute ke Pangalengan lainnya ada Jalan Raya Pangalengan No 368, Kamasan, Banjaran. Tak jauh dari pertigaan Banjaran-Soreang-Pangalengan. Nama restorannya Bugel. Cara memesan makan di sini adalah perasmanan. Konsumen mengambil makanan dulu kemudian bayar sesuai makanan yang diambil.

Nasi yang disediakan di Bugel ada dua macam, yakni nasi merah timbel dan nasi putih yang bisa diambil di termos besar. Untuk lauknya banyak pilihan, seperti gepuk, satai babat, ati, ayam goreng serundeng, ayam kalasan, ayam bakar, ayam asem manis, ayam pepes, telor gulung, telor pindang, telor semur, ikan mas goreng/pindang, sayur asem, gule, soto, tumis tumisan, pencok kacang panjang, karedok leunca, dan sambal dadak.

Rumah Makan Tangek jangan dilewatkan. Restoran di Jalan Raya Pangalengan Km 30,3, Tribaktimulya, Pangalengan, ini menyajikan nuansa tradisional Sunda mulai dari bangunan dan menu-menu yang ditawarkan. Di sini tersedia menu di antaranya nasi liwet, ayam goreng, ayam bakar, gurami goreng, pepes ikan mas, satai maranggi, sayur asem dan tahu tempe. Jangan lupa dua jenis sambal yakni sambal terasi dan kencur yang dibuat secara dadakan (dibuat saat itu juga). *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.