Tempat Kemah di Bandung yang Tersebar di Beberapa Kawasan

BANDUNG yang dikeliling pegunungan menjadi tempat menarik untuk berwisata alam seperti hiking atau kemping. Ada beberapa tempat kemah di Bandung yang layak untuk dikunjungi. Lokasinya tersebar ada yang di Bandung Timur, Bandung Selatan, dan Bandung Barat. Di bawah ini beberapa tempat kemah di Bandung untuk referensi.

Oray Tapa adalah tempat kemah di Bandung Timur bagi yang hobi berkemah. Bumi perkemahan di kawasan Cimenyan ini memiliki luas 5 hektare. Tepatnya di kaki Gunung Manglayang, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kawasan ini didominasi oleh tanaman Pinus dan Cemara yang luasnya mencapai 5 hektare dan berada di ketinggian 700 mdpl.

Wisatawan yang berkemping di sini bakal disuguhi pesona alam di sekitarnya. Perkemahan di sini benar-benar area kemping yang bukan glamorous camping atau glamping, seperti di tempat lain yang semakin hari semakin menjamur. Pengunjung harus bisa menyatu dengan alam untuk menikmati kemping tersebut.

Cikole Jayagiri Resort adalah tempat kemah di Bandung pengembangan dari bumi perkemahan (buper) Cikole yang populer pada era 1980-an hingga 1990-an. Buper ini kini berubah dengan tampilan yang lebih menarik dan banyak mengundang wisatawan untuk menikmati fasilitas yang tersedia.

tempat kemah di bandung oray tapa
Oray Tapa | bandung.panduanwisata.com

Cikole Jayagiri Resort berada di Jalan Tangkubanparahu KM 28 No 147, Lembang, Kabupaten Bandung. Lokasi resor tersebut berada di jalur antar kota Bandung – Subang dan mudah dijangkau pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Tempat Kemah di Bandung di Kawasan Ciwidey

Ranca Upas tempat kemah di Bandung yang memiliki luas sekitar 215 hektare. Berada pada 1700 meter di atas permukaan laut. Suhu udaranya lumayan dingin bisa mencapai sekitar 17°C – 20°C. Area kemping di Ranca Upas dikelilingi hutan lindung yang di dalamnya terdapat beragam flora seperti pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Adapun fauna yang hidup di hutan itu terdapat beragam jenis burung dan beberala satwa jinak seperti rusa.

Bumi perkemahan Gunung Puntang di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Jalan Gunung Puntang tidak jauh dari Banjaran. Jalan ini berada di sebelah kiri dari arah Banjaran jika mau ke Pangalengan. Alam dan udara pegunungan memang menjadi daya tarik bumi perkemahan ini. Lahan perkemahan yang luas yang di sekitarnya tumbuhan hutan seperti pohon pinus pun menjadi pesona tersendiri. Dengarkan juga gesekan daun-daun ketika angin bertiup kencang, benar-benar membuat suasana hutan semakin terasa.

Di Bandung Timur, ada Batu Kuda. Kawasan di lereng Gunung Manglayang ini sering digunakan untuk kemping. Kawasan hutan pinus ini berada di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Luasnya mencapai 20 Hektare. Selain kemping Di sini wisatawan bisa menikmati udara pegunungan sambil hiking. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.