Telur Asin Buatan Derwati Kota Bandung

KABUPATEN Brebes, Jawa Tengah, merupakan daerah penghasil telur asin terbesar. Penganan  dari daerah ini sudah terkenal ke mana-mana. Telur Brebes ini bisa dibeli di toko oleh-oleh yang tersebar di sepanjang jalan kota Berebes.

Telur ini  adalah telur yang diawetkan dengan cara diasinkan.Telur yang diasinkan adalah telur itik. Telur asin juga bisa berbahan telur lain seperti telur ayam, namun rasanya tak selezat telur asin yang terbuat dari telur itik.

image
Telur asin butan Derwati Bandung. | Foto sentraindustribandung.com

Panganan  ini bisa dimakan sebagai lauk nasi. Tak jarang telur ini pun dimakan sebagai camilan. Di Cirebon penganan ini menjadi lauk untuk nasi jamblang,  nasi lengko, atau nasi putih biasa.

Telur asin yang  berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan,  jika digigit tidak mengeluarkan cairan, tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Telur Asin Diproduksi Juga di Bandung

Penganan ini  ternyata banyak diproduksi juga di Kota Bandung. Tepatnya di Babakan Karet,  Desa Babakan Karet, Kecamatan Derwati.

Menurut laman sentraindustribandung.com terdapat kurang lebih 10 produsen pembauta penganan tersebut. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 138.300 lusin dengan nilai investasi Rp. 855 juta dan menyerap tenaga pekerja sebanyak 49 orang.

Usaha penganan  di sini sudah turun temurun langsung dari leluhur dan orang tua. Sekampung  semuanya menjadi perajin telur tersebut. Warga di sini menjadi penghasil penganan ini sejak  50 tahun lalu.

Proses pembuatan penganan  ini di sini membutuhkan waktu dua minggu, dan pengukusannya pun cukup lama. Semakin lama proses pengukusan mutu penganan  ini akan lebih baik. Lebih tahan lama, dan rasanya akan gurih.

Sumber:
http://cikalnews.com/read/1099/01/10/2014/melongok-sentra-perajin-telur-asin-di-bandungp

http://sentraindustribandung.com/sentra/industri-telur-asin-derwati/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.