Taman Sungai Cikapayang, Taman di Kawasan Jalan Merdeka

SATU lagi tempat nongkrong di Kota Bandung. Namanya Taman Sungai Cikapayang. Sungai ini dekat Taman Dewi Sartika di tepi Jalan Merdeka. Sebelum Taman Vanda. Tak jauh dari Kompleks Kantor Pemerintahan Kota Bandung, atau biasa disebut Balai Kota.

Restorasi Sungai Cikapayang ini menelan biaya Rp 5,2 miliar. Ruang publik ini luasnya mencapai 200 meter persegi. Pengerjaannya berhasil dituntaskan dalam dalam waktu 45 hari kerja.

Taman Sungai Cikapayang
Warga sedang duduk di kursi yang tersedia di Taman Sungai Cikapundung, Jalan Merdeka, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di ruang publik ini terdapat taman bunga, kursi duduk, dan aksesori batu-batuan cocok untuk berselfie ria. Untuk akses ke taman tersedia jembatan. Dilengkapi juga trotoar batu berpola, andesit dan jalur khusus untuk penyandang disabilitas.

Air yang mengalir di Sungai Cikapayang yang biasanya kotor kini jernih karena airnya sebelum masuk ke sini difilter dulu di Jalan Aceh. Filternya menggunakan mesin pengolah air single chemical.

Jumat (1/1) siang, banyak warga yang mendatangi taman tersebut. Mereka berselfie di kursi yang disediakan dengan latar belakang bunga-bunga di taman tersebut. Gemericik air di sungai karena saa itu gerimis terdengar sayup-sayup berlomba dengan suara deru kedaraan di jalan Merdeka

Taman Vanda yang berada di seberang taman itu juga banyak dikunjungi warga. Mereka memanfaatkan libur tahun baru untuk berfoto selfie dan berkencan dengan teman, sahabat, atau sanak saudara. Sayang di kawasan tersebut minim tempat parkir sehingga sepeda motor parkir di bahu jalan dekat Taman Vanda.

Kawasan Balai Kota semakin indah setelah direvitalisasi taman yang ada di sana. Taman yang kini lebih dikenal dengan sebutan Taman Cinta karena ada media untuk menempelkan gembok sebagai simbol ikatan cinta semakin banyak dikunjungi orang.

Beberapa ornamen yang telah ada di sana dibiarkan berdiri, seperti patung badak putih, patung setengah badan Ibu Dewi Sartika, patung dua merpati, dan yang masih berdiri di sana. Kemudian gazebo yang masih tetap ada di tengah-tengah taman tersebut. Taman ini lambat laun menjadi ikon Kota Bandung selain Taman Alun-alun Bandung. *

Taman Sungai Cikapayang

  • Restorasi Sungai Cikapayang menelan biaya Rp 5,2 miliar
  • Luasnya mencapai 200 meter persegi
  • Pengerjaannya berhasil dituntaskan dalam dalam waktu 45 hari kerja
  • Lokasinya di Jalan Merdeka
  • Tak jauh dari Taman Vanda
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.