Stasiun Cimekar, Stasiun Terdekat dengan GBLA Bandung

BANYAK yang tak tahu di dekat Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) terdapat stasiun kereta api. Namamya Stasiun Cimekar (CMK). Stasiun ini merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang berada di bagian barat Kabupaten Bandung.

Untuk menonton sepak bola atau even lain di GBLA sebetulnya bisa naik kereta api lokal. Penumpang bisa naik dari Kiaracondong, kemudian turun di Stasiun Cimekar atau alternatif lainnya turun di Stasiun Gedebage. Dari stasiun Cimekar, punumpang harus berjalan kaki atau naik ojek dari sana.

Stasiun ini tadinya sebuah halte yang bernama Ciendog yang usianya paling muda di lintas Padalarang-Kesugihan karena baru diresmikan pada 21 Maret 2000. Fasilitas di stasiun ini memiliki dua jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus.

Stasiun ini menjadi pilihan transportasi masyarakat sekitar karena letaknya yang bersebelahan dengan perumahan. Bagi warga Cibiru, stasiun ini menjadi perhentian terakhir bagi mereka untuk kemudian menuju tujuan masing-masing.

Stasiun Cimekar
Stasiun Cimekar, stasiun yang dekat dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com

Mereka juga kadang memilih naik kereta api yang naiknya dari Stasiun Cimekar. Naik kereta api waktu tempuhnya bisa lebih cepat, seperti ke Stasiun Bandung. Ibu-ibu yang akan ke Pasar Baru akan memilih menggunkan kereta api   dibanding menggunakan moda transportasi lain.

Stasiun Cimekar Tempat Perhentian Kereta Lokal

Kereta lokal Bandung Raya ekonomi AC tujuan Padalarang-Purwakarta dan Cicalengka-Cibatu selalui berhenti di stasiun ini.

Stasiun ini menjadi perlintasan semua kereta api dari timur tujuan Kota Bandung. Sebelum ke Stasiun Bandung, kereta api saat masuk Bandung harus melalui Stasiun Cimekar, Stasiun Gedebage, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cikudapateuh, dan terakhir Stasiun Bandung.

Stasiun ini pun menjadi persilangan KA Lokal Bandung Raya tujuan Cicalengka (KA 342) dengan KA Lodaya tujuan Bandung Hall (KA 81) yang melintas langsung.

Kemudian KA Lokal Bandung Raya tujuan Padalarang (KA 349A) bersilang dengan KA Lokal Cibatu/Simandra tujuan Cibatu (KA 396) yang melintas langsung. *

Referensi: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Cimekar

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.