SPBU Self Service di Dago dan Kiaracondong Bandung

STASIUN pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang self service sudah diperkenalkan di Bandung. Cara ini mulai diperkenalkan di SPBU 31.402.01 Jalan Ibrahim Adjie, Kiaracondong, Bandung pada 1 Mei 2017. Di SPBU self service konsumen langsung mengisi bahan bakar ke kendaraannya sendiri tanpa bantuan operator.

Sistem self service ini banyak keuntungannya. Pm bensin ini tidak memerlukan operator banyak untuk melayani konsumen. Konsumen pun bisa leluasa saat mengisi bahan bakar dan tidak memerlukan waktu lama untuk pengisian. Cara tersebut mengingatkan pada film-film Amerika yang memperlihatkan adegan pengisian bensin yang self service.

Pom bensin lainnya yang sudah menerapkan self service adalah SPBU 34.401.22 di Jalan Ir H Djuanda. Tempat pengisian baha bakar ini tak jauh dari Terminal Dago dan patung Cepot, jalan masuk ke Taman Budaya Provinsi Jawa Barat atau Dago Tea House. Kalau dari arah bawah berada di sebelah kanan.

Pengisian bahan bakat self service di SPBU tersebut hanya untuk sepeda motor. Tempat disediakan khusus. Diawali kasir pembelian kupon untuk pembelian bahan bakar. Di tempat khusus tersebut terdapat tiga dispenser yang masing-masing terdiri dari dua jenia bahan bakar, yakni Petralite dan Pertamax.

SPBU self service
SPBU self service di Jalan Ir H Juanda, Dago, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com

Konsumen sebelum mengisi bahan bakar harus antre dulu. Kemudian membeli kupon sesuai bahan bakar yang dibutuhkan. Kupon tersebut berupa secarik kertas putih yang terdapat nilai bahan bakar yang dibeli, jenis bahan bakar, dan barcode.

Setelah mendapatkan kupon tinggal menunggu giliran untuk mengisi bahan bakar. Dekatkan motor ke dispenser pengisian yang kosong. Kemudian scan barcode di tempat yang telah disediakan. Lampu hijau akan menyala jika proses scan berhasil.

Jangan lupa lihat meteran rupiah di alat pengisian tersebut. Bila sudah yakin seusai dengan nilai pembelian silakan ambil nozzle kemudian arahkan ke tangki bahan bakar. Tunggu hingga pengisian tuntas. Jika sudah beres simpan kembali nozzle ke tempatnya.

SPBU Self Service di Jabodetabek

PT Pertamina (Persero) memang tengah mendorong pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) self service di Indonesia. Tak hanya di Bandung cara ini pun tekah diterapkan di SPBU se-Jabotabek, Solo, dan beberapa kota lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.